Tips Panduan Pedoman Acuan Membeli Mobil Bekas

loading...
Bagi anda yang akan membeli Mobil Bekas, kami ingin memerikan tips panduan acuan dan pedoman serta cara bagaimana harus memilih sebuah mobil  bekas dan apa saja yang harus kita ketahui sebelum menentukan keputusan untuk membeli sebuah kendaraan, khususnya mobil.

Setelah sebelumnya kami berikan data dan info tentang Daftar Harga Mobil Bekas Tahun 2020, maka sekarang saatnya anda tahu langkah apa saja yang harus anda lakukkan dan ketahui seputar mobil bekas atau second yang akan anda pilih.

Saat ingin membeli mobil baru, Anda dapat langsung menuju ke dealer pilihan terdekat dan memilih model dengan warna, varian serta opsi lainnya sesuai keinginan. Seterlah itu segala bentuk dokumen yang dibutuhkan akan dibantu prosesnya secara langsung oleh sales dealer tersebut. Bahkan beberapa dealer juga banyak yang sudah memberikan bonus tambahan disaat Anda membeli mobil bertetapan dengan waktu promo ataupun penawaran khusus.

Sedangkan untuk membeli mobil bekas, kondisi mobil tersebut sangat bergantung dengan pemilik sebelumnya. Harga juga relatif berubah-ubah tidak pernah sama bergantung dari kondisi mobil tersebut. 

Apakah mobil tersebut pernah mendapatkan tambahan modifikasi atau tidak sangat mempengaruhi nilai dari mobil tersebut. Berbeda dengan membeli mobil baru yang dimana memiliki harga pasar, mobil bekas memliki range harga yang lebih luas dan berbeda setiap lokasi. Sekarang ini, untuk mencari mobil bekas dapat dilakukan dengan mengunjungi dealer mobil bekas, melihat iklan mobil secara online ataupun melalui sosial media. 

Namun cara termudah untuk mencari mobil bekas adalah dengan melalui situs Priceprice.com dimana Anda dapat melihat seluruh informasi yang dibutuhkan hanya dalam satu halaman, sangat mudah untuk dimengerti dan informatif.

Umumnya harga off-the-road untuk mobil baru sudah ditetapkan dimanapun lokasinya, yang membedakan hanyalah potongan harga apabila sedang ada promo ataupun penawaran yang berlaku. Sebagai perbandingan, proses membeli mobil bekas hanya akan mendapatkan seperti wujud fisik yang terlihat, perbaikan ataupun modifikasi hanya dapat dilakukan setelah pembayaran dilakukan.

Membeli mobil baru dan mobil bekas masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Untuk mobil baru, selain memiliki kualitas yang terjamin, membuat berkendara dengan mobil baru tanpa harus khawatir dengan kondisi mobil. 

Memilih mobil baru dan mobil bekas tentunya sangat bergantung dengan kondisi finansial yang dimiliki. Namun, bukanlah tidak mungkin untuk mendapatkan mobil bekas dengan kelas yang lebih tinggi dengan harga yang sama dengan mobil baru, apabila Anda tidak berkeberatan dengan umur mobil yang lebih tua 3 hingga 5 tahun dari saat ini.

Sehingga, perbedaan dari membeli mobil baru dan mobil bekas ada pada bagian perawatan. Pada kenyataan, kondisi mobil yang terlampir pada situs-situs online tidak dapat sepenuhnya dipercaya 100 persen, setelah memilih mobil yang diidamkan, 

Anda harus juga melakukan inspeksi terhadap mobil tersebut untuk mengetahui kondisi dalam dari mobil tersebut. Riwayat dari mobil tersebut juga sama pentingnya untuk mengetahui kualitas mesin. Apakah mobil tersebut pernah terendam banjir? 

Bagaimana kebiasaan pemakaiannya? Pertanyaan-pertanyaan ini adalah sedikit dari banyak hal yang harus Anda pertimbangkan saat membeli mobil bekas. Apabila Anda mampu memilah dan melakukan inspeksi mobil secara teliti, membeli mobil bekas akan sangat menguntungkan dari sisi harga.

Penjelasan Penetapan Harga Mobil Bekas
Tahun produksi ataupun tahun model dari mobil merupakan salah satu faktor utama penetapan harga mobil bekas. Pada dasarnya, semakin tua ataupun kuno sebuah mobil, maka value ataupun nilainya juga akan terus turun setiap tahunnya. 

Faktor lainnya yang menentukan harga adalah tingkat popolaritas model tersebut dipasar. Model populer memiliki tingkat depresiasi harga lebih rendah dibandingkan dengan model mobil yang kurang populer. Meskipun mobil itu sudah sangat tua, nilai mobil tersebut akan terus tinggi selama popularitas ataupun demand dari mobil tersebut tidak berubah.

Perilisan model terbaru juga akan mempengaruhi harga mobil bekas. Karena akan ada konsumen yang ingin menganti mobil baru dan menjual mobil yang dimiliki saat ini. Hal ini membuat beberapa model mobil akan mengalami penurunan harga. Hanya saja, seperti yang dijelaskan sebelumnya, fluktuasi harga pada dasarnya sangat bergantung dengan popularitas mobil tersebut.

Selain popularitas dan juga perilisan model terbaru, harga mobil bekas juga dapat dipengaruhi berdasarkan waktu. Pada dasarnya, harga mobil bekas akan ada musim naik dan musim turun. Seperti contoh saat menjelang hari raya Idul Fitri harga mobil bekas secara keseluruhan akan naik, karena kebutuhan membeli mobil untuk mudik juga meningkat, terutama bagi mereka yang baru saja berkeluarga. Setelah musim lebaran selesai, harga mobil juga turun drastis karena stok yang berlebihan ataupun penjualan yang lambat.

Bagaimana Cara Memilih Model yang Tepat

Apabila Anda tidak dapat memutuskan untuk memilih model apa, coba bacalah panduan berikut ini. Pada saat memilih model mobil yang tepat, Anda harus memutuskan model body atau model mobil apa yang tepat dengan gaya hidup atau tujuan membeli mobil. Bagi mereka yang ingin memiliki mobil harus mampu untuk memilih tipe body mobil sesuai dengan gaya hidup ataupun tujuan dari pembelian. 

Sebagai contoh, apabila Anda ingin membeli mobil untuk menjadi supir taxi online di wilayah Jakarta. Anda harus konsidirasi memilih mobil beripe kecil seperti hatchback. Mobil hatchback yang ramping mampu menempuh dalam kota Jakarta melalui jalan-jalan kecil untuk menghindari macet. Dengan memilih tipe body mobil akan sangat membantu anda dalam mempersempit pilihan mobil terbaik untuk anda.

Bahkan pada tipe body yang sama, anda masih dapat mempersempit lagi pencarian mobil anda dengan tipe mobil mewah, mobil sport, ataupun mobil offroad. Tentunya, harga akan jauh lebih tinggi apabila anda menginginkan mobil baru, dan apabila budget tidak sesuai selalu ada pilihan untuk mencari mobil bekas dari model yang diinginkan. Sehingga, kami sangat rekomendasikan untuk sesegara mungkin menetapkan budget pada tahap ini.

Kemudian, pembiayaan tidak berakhir saat anda membayarkan mobil tersebut. Perlu diingat bahwa mobil yang anda beli tetap memerlukan perawatan secara berkala untuk keamanan Anda dalam berkendara. 

Ada juga biaya lain seperti bensin, asuransi kendaraan, dan juga pajak. Dari semua hal yang kami jabarkan diatas, tentunya perawatan adalah hal terpenting dalam memiliki sebuah mobil. Biaya perawatannya sangat beragam tergantung dari model mobil tersebut. 

Oleh karena itu, mengetahui detil lengkap mengenai perawatan mobil sebelum mobil tentunya akan sangat membantu anda di masa yang akan dating.

Dokumen Apa yang harus Anda Periksa Saat Membeli Mobil Bekas

Selain memeriksa penampilan fisik dan dalam mobil ada beberapa hal penting lainnya yang harus anda inspeksi dalam membli mobil bekas, hal tersebut adalah kelengkapan dokumen-dokumen penting mobil tersebut, karena akan sangat merugikan bagi anda bila mobil yang anda akan beli adalah mobil curian.

Berikut ini adalah kelengkapan dokumen yang harus diperiksa saat anda melakukan pembelian mobil bekas. Dokumen-dokumen ini sudah menjadi standar kewajiban untuk diperiksa bagi mereka yang ingin membeli mobil bekas.

BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor): Dokumen ini sangat penting untuk mengetahui siapakah pemilik resmi mobil ini, apakah pemilik sama dengan penjual? Apabila berbeda perlu untuk diketahui seperti alasannya. Hal ini sangat membantu untuk mengetahui bagaimaan latar belakang mobil yang akan Anda beli.

STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan): Memeriksa keaslian STNK juga merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Apakah mobil ini pajak masih berjalan atau sudah terlewat? Tidak ada salahnya juga untuk memeriksa keaslian dari STNK tersebut.

Bukti Pembelian Mobil: Apabila pemilik mobil masih memiliki bukti pembelian mobil, hal ini merupakan nilai tambahan untuk meyakinkan anda bahwa mobil ini tidak mencurigakan.

Apabila anda membeli mobil CBU, wajib untuk memeriksa apakah pemilik memiliki form A. Hal ini untuk membuktikan bahwa pemiliki mengimpor mobil dengan cara yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

Itulah 4 dokumen yang wajib untuk diperiksa saat anda membeli mobil bekas.

Tentang Tahun Model Mobil Bekas
Harga mobil bekas tidak hanya bergantung dari modelnya saja tetapi juga ada faktor tambahan lain seperti warna dan juga bentuk desain atau yang biasa disebut trim level. Disaat dua model mobil memiliki tahun model yang sama, perbedaan kelas trim level juga akan mempengaruhi harga dari mobil tersebut. 

Kelas trim level yang lebih tinggi akan membuat nilai mobil tersebut juga lebih tinggi. Warna juga menjadi faktor penentu harga model mobil tersebut karena beberapa brand hanya menyediakan warna tertentu untuk beberapa trim level.

Selama model mobil tersebut masih dalam produki, selalu ekspetasi versi terbaru akan hadir setiap tahunnya. Perubahan dua mobil memliki dua jenis, yakni perubahan secara keseluruhan dan perubahan minor atau facelift. 

Perubahan secara penuh artinya model tersebut mengalami perubahan tampilan luar maupun dalam secara signifikan dibandingkan dengan model pendahulunya. Sedangkan perubahan minor atau facelift, merupakan perubahan kecil desain ataupun fitur pada model mobil generasi yang beredar saat itu.

Harga untuk kedua perubahan tersebut juga akan berbeda karena model dengan pembaharuan penuh memiliki permintaan lebih tinggi dibandingkan dengan mobil facelift atau perubahan minor.

Tentang Kilometer pada Mobil Bekas
Memahami jumlah kilometer pada sebuah mobil akan dapat membantu anda untuk menentukan nilai dan harga serta masalah yang dimiliki mobil tersebut. Pada dasarnya, mobil yang memiliki tempuh kilometer lebih tinggi akan menurunkan nilai dari model tersebut. 

Mobil dengan jumlah jarak tempuh yang lebih tinggi akan dijual lebih murah, hanya saja semakin tinggi jarak tempuh maka akan semakin tinggi resiko untuk mengganti suku cadang dari mobil tersebut. Masalah umum yang terjadi pada mobil bekas dengan jarak tempuh tinggi adalah penggantian suku cadang seperti, transmisi, suspensi, AC, dan yang terburuk adalah turun mesin.

Sehingga, sangat disarankan untuk memahami lebih resiko membeli mobil bekas dengan jarak tempuh yang tinggi. Lebih baik membayar sedikit lebih mahal untuk mobil dengan jarak tempuh rendah, dibandingkan mobil bekas murah dengan jarak tempuh tinggi namun memerlukan biaya perawatan secara berkala yang tinggi.

Tentang Riwayat Perawatan Mobil Bekas
Mengetahui riwayat perawatan dan juga perawatan saat membeli mobil bekas merupakan salah satu hal yang patut untuk dilakukan. Saat mencari mobil bekas, umumnya pemilik mobil tidak akan menyebutkan apakah mobil mereka pernah terlibat dalam kecelakaan sebelumnya. 

Penjual akan menetapkan harga sesuai dengan nilai di pasar meskipun belum memperbaiki mobilnya secara penuh setelah kecelakaan terjadi. Anda tentunya harus dapat menghindari situasi seperti ini, bukan saja karena akan beresiko untuk kemananan anda tetapi juga akan merugikan anda secara finansial karena perbaikan dan juga perawatan yang dibutuhkan akibat bekas kecelakaan tersebut.

Tentang Upgrade dan Aksesoris pada Mobil Bekas
Berbeda dengan membeli mobil baru, saat membeli mobil bekas Anda tidak dapat meminta tambahan aksesoris ataupun upgrade tertentu. Seluruh upgrade yang Anda inginkan harus dilakukan sendiri setelah menyelesaikan pembelian mobil. 

Sehingga hal ini dapat menajdi referensi bagi anda saat membeli mobil bekas untuk mengetahui seberapa banyak upgrade dan aksesoris yang sudah ada pada mobil tersebut. Kemudian, mobil yang memiliki banyak upgrade ataupun tambahan aksesoris biasanya akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan model biasa.

Tapi bila Anda berpikir lebih jauh kedepan, mobil yang sudah memiliki upgrade dan aksesoris tetap jauh lebih murah dibandingkan Anda harus membeli sendiri ataupun melakukan upgrade dari awal.

Tentang Memeriksa Mobil Bekas
Ada beberapa cara untuk memeriksa mobil bekas yang Anda ingin beli. Saat ini sudah ada beberapa jasa yang mampu memenuhi keinginan anda untuk memeriksa suatu mobil tertentu secara detil dan menyeluruh. 

Anda hanya perlu untuk membuat pesanan berisikan informasi penjual dan mobil yang kemudian nantinya jasa pemeriksaan mobil tersebut akan memberikan laporan hasil pemeriksaan secara detail kepada Anda dan juga rekomendasi apakah mobil tersebut layak untuk Anda beli.

Sedangkan, apabila anda tidak ingin menggunakan jasa pihak ketiga dan ingin melakukan pemeriksaan sendiri ada beberapa cara yang wajib untuk dilakukan. Pertama, Anda dapat memeriksa tampilan luar mobil apakah memiliki lecet atau penyok . 

Anda harus memeriksa secara detil setiap panel-nya apakah ada lecet yang tidak terlihat mata ataupun ada bagian yang warnanya tidak merata. Apabila ada warna yang tidak merata biasanya mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan dan bukan diperbaiki oleh bengkel resmi. 

Bemper yang tidak sempurna juga merupakan salah satu tanda apakah mobil tersebut baru mengalami perbaiki. Lampu utama dan juga lampu belakang mobil juga dapat diperiksa, apabila posisi tidak merata ataupun ada sedikit kelonggaran.

Untuk pemeriksaan bagian interior, tentunya akan lebih personal. Umumnya mobil yang disetir oleh perempuan dan tidak merokok memiliki nilai lebih tinggi karena bagian dalam mobil bersih dan tidak bau rokok. Selain memeriksa bau dan kebersihan juga, ada baiknya juga untuk memeriksa dashboard dan seluruh fungsi-nya apakah masih dapat berjalan secara baik dan normal.

Pemeriksaan terakhir adalah kondisi kendaraan saat dikemudikan. Karena hal ini cukup sulit dideterminasi oleh pihak yang awam, ada baiknya apabila saat Anda memeriksa juga ikut mengajak mekanik terpecaya untuk melihat kondisi mesin dari mobil tersebut.

Tentang Balik Nama Mobil
Sebelum Anda membeli mobil bekas, hal yang wajib diketahui adalah pentingnya memproses balik nama mobil. Balik nama mobil merupakan proses untuk memindahkan kepemilikan mobil karena transaksi jual mobil. 

Hal ini sangat penting karena disaat Anda harus membayarkan pajak mobil tersebut, Anda wajib membawa STNK mobil dan juga KTP dengan nama yang terlampir pada STNK tersebut. Sehingga apabila anda belum memproses balik nama, perpanjangan pajak mobil akan lebih sulit karena Anda harus meminjam KTP pemilik sebelumnya untuk memproses pajak. Proses balik nama mobil sebenarnya tidak sulit, hanya saja ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelumnya. Simak pembahasan lengkap dibawah ini.

Kelengkapan Dokumen

Sebelum Anda memproses balik nama mobil berikut ini adalah kelengkapan dokumen yang penting untuk dibawa.

Fotokopi KTP Anda sebagai bukti pemilik baru dari mobil

STNK mobil asli dan juga fotokopi

BPKB mobil asli dan juga fotokopi

Kuitansi atau bukti pembelian mobil yang sudah ditandatangan di atas materai Rp.6.000 asli dan fotokopi

Hasil cek fisik mobil dari SAMSAT.

Setelah Anda memiliki kelima dokumen diatas, Anda dapat segera mengurus proses balik nama mobil di kantor SAMSAT.

Tahapan Proses Balik Nama

Berikut ini tahapan-tahapan proses balik nama

Proses cek fisik mobil pada area yang ditentukan di kantor SAMSAT

Isikan formulir yang diberikan setelah selesai cek fisik, serahkan formulir dan STNK asli pada petugas di loket.

Setelah nama dipanggil, serahkan laporan cek fisik, STNK asli dan fotokopi, fotokopi BPKB dan 

KTP, dan kuitansi pembelian mobil.

Setelah berkas di cek dan diserahkan petugas, Anda akan diarahkan ke loket yang lain untuk menyerahkan berkas berikutnya.

Setelah nama Anda dipanggil, terima berkas yang diberikan beserta tagihan untuk nda bayarkan di loket pertama.

Setelah Anda membayarkan tagihan tersebut maka Anda akan mendapatkan STNK baru dengan nama Anda.

Setelah mendapatkan STNK baru Anda masih harus mengurus BPKB baru dengan mendatangi Polda dengan membawa STNK baru Anda.

Berikut diatas adalah tahapan proses balik nama yang harus Anda segera lakukan setelah melakukan pembelian mobil bekas. Menunda-nunda proses ini tentunya akan memberikan dampak buruk bagi Anda, sehingga ada baiknya untuk segera memproses tahapan ini tanpa menunda cukup lama.

Tentang Trade-in atau Tukar Tambah Mobil Bekas
Praktik tukar tambah pada mobil bekas sudah umum dilakukan. Pada dasarnya Anda menukar mobil yang Anda miliki sekarang dengna menambahkan nilai tukar yang kurang dengan uang tunai. 

Apabila mobil yang ingin tukar jauh lebih murah maka sebaliknya Anda akan mendapatkan tambahan uang tunai. Proses ini cukup rumit karena nilai dari mobil bekas yang beragam dari setiap merknya. Sehingga pastikan Anda sudah mengetahui nilai dari mobil yang Anda ingin tukar agar tidak dirugikan.

Anda juga dapat menukar mobil bekas Anda dengan mobil baru, praktik ini lebih disebut sebagai program trade-in. Meskipun tidak banyak dealer yang menawarkan promosi ini, namun Anda dapat menukarkan mobil Anda dengan model baru yang dipromosikan, dengan tambahan biaya yang harus Anda bayarkan. Totalnya sendiri tentunya jauh lebih murah dibandingkan Anda harus membeli mobil baru secara penuh.

Keputusan Terakhir Sebelum Membeli
Setelah memeriksa dokumen kendaraan, riwayat service, dan juga kondisi fisiknya, langkah selanjutnya adalah melakukan test drive. Hanya dengan mencoba menyetir kendaraan tersebut tentunya Anda akan banyak mengerti tentang kondisi dari mobilk tersebut. 

Hal-hal yang biasa saat melakukan test drive adalah, menguji kendali atau stirmobil, melakukan rem mendadak, rem secara terus menerus, uji akselerasi, kemudian uji rem tangan, coba juga AC mobil, pencahayaan luar dan dalam, seluruh tombol, dan juga yang terakhir power window.

Tips terakhir yang dapat kami berikan saat membeli mobil adalah mengevaluasi kembali sikap dari penjual kendaraan tersebut. Apakah ada hal yang mencurigakan atau ditutup-tutupi? Apakah seller terlalu memaksakan atau terkesan menjual secara terburu-buru? 

Jangan menahan diri untuk banyak bertanya karena Anda yang membayar mobil ini dengan jumlah uang yang cukup besar. Sebagai tambahan, hal terbaik dari membeli mobil bekas adalah harga yang selalu dapat dinegosiasi. 

Hanya ingat untuk tidak menawar secara berlebihan dan hargai posisi penjual sebagai penentu harga awal. Jangan sampai kesempatan Anda untuk membeli mobil dengan harga terbaik hilang karena menawar yang berlebihan.
Tips Panduan Pedoman Acuan Membeli Mobil Bekas Tips Panduan Pedoman Acuan Membeli Mobil Bekas Reviewed by Admin on Minggu, Maret 22, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.