11 Tempat Wisata di Cianjur Terbaru & Paling Hits

loading...










11 Tempat Wisata di Cianjur Terbaru & Paling Hits dan banyak dikunjungi turis yang berlibur ke Kota Cianjur.Mereka tentunya juga bermalam di salah satu Hotel di Cianjur, baik yang termasuk Hotel Murah atau yang mewah dan berbintang.Untuk lebih singkatnya kami berikan info Tempat Wisata di Cianjur tersebut secara lengkap di bawah ini.Namun sebelumnya kami juga berikan info tempat Booking Hotel di Cianjur, bagi anda yang akan bermalam dan menginap di sana.

PEMESANAN DAN INFO LENGKAP KLIK DISINI

Tempat Wahana Objek Daerah atau Kawasan Wisata di Cianjur memang sangat menarik untuk kita datangi.Dari sekian banyaknya tempat wisata di Kota Cianjur, tentu saja ada yang terkenal dan populer serta paling sering didatangi oleh wisatawan.


1.Pantai Jayanti Cianjur

Cianjur bukan hanya memiliki keindahan pegunungan yang sangat menyejukkan tetapi juga memiliki keindahan pantai yang masih alami dan tidak kalah indahnya dengan pantai yang lain. Pantai Jayanti terletak tidak jauh dengan Cagar Alam Bojonglarang, pelabuhan nelayan dan Kota Cianjur. Pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar dan keindahan alam yang dapat membuat Anda tidak ingin melewatkannya.

2.Kebun Raya Cibodas

Menuju Kebun Raya Cibodas melalui Jakarta hanya membutuhkan waktu tempuh 90 menit melalui jalur Bogor-Puncak-Cianjur. Udara yang sangat sejuk karena berada di bawah 18 derajat Celsius dan pemandangan yang indah akan membuat Anda menjadi nyaman dan sangat rileks. Tidak jauh dari Kebun Raya Cibodas akan ada penginapan atau hotel, baik dari kelas melati maupun kelas berbintang.

3.Istana Presiden
Istana Cipanas yang merupakan Istana Kepresidenan, terletak di kaki Gunung Gede, Jawa Barat. Tepatnya lebih kurang 103 km dari Jakarta ke arah Bandung melalui Puncak. Istana ini terletak di Desa Cipanas, kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Luas areal kompleks istana ini lebih kurang 26 hektare, namun sampai saat ini hanya 7.760 m2 yang digunakan untuk bangunan. Selebihnya dipenuhi dengan tanaman dan kebun tanaman hias yang asri, kebun sayur dan tanaman lain yang ditata seperti hutan kecil.

Kata "Cipanas" berasal dari bahasa Sunda, yaitu ci atau cai yang berarti "air" dan panas yang berarti "panas". Daerah ini dinamakan Cipanas karena di tempat ini terdapat sumber air panas, yang mengandung belerang, dan yang kebetulan berada di dalam kompleks istana Cipanas.

Sebenarnya bangunan induk istana ini pada awalnya adalah milik pribadi seorang tuan tanah Belanda yang dibangun pada tahun 1740. Sejak masa pemerintahan Gubernur Jenderal Gustaaf Willem Baron Van Imhoff, bangunan ini dijadikan sebagai tempat peristirahan Gubernur Jenderal Hindia Belanda.

Beberapa bangunan yang terdapat di dalam kompleks ini antara lain Paviliun Yudhistira, Paviliun Bima dan Paviliun Arjuna yang dibangun secara bertahap pada 1916. Penamaan ini dilakukan setelah Indonesia Merdeka, oleh Presiden Sukarno. Di bagian belakang agak ke utara terdapat "Gedung Bentol", yang dibangun pada 1954 sedangkan dua bangunan terbaru yang dibangun pada 1983 adalah Paviliun Nakula dan Paviliun Sadewa.

Sebuah peristiwa penting yang pernah terjadi di istana ini setelah kemerdekaan adalah berlangsungnya sidang kabinet yang dipimpin oleh Presiden Soekarno pada 13 Desember 1965, yang menetapkan perubahan nilai uang dari Rp 1.000,- menjadi Rp 1,-.

Sedangkan pada masa pendudukan Jepang di Indonesia, gedung ini hanya digunakan sebagai tempat persinggahan pembesar-pembesar Jepang dalam perjalanan mereka dari Jakarta ke Bandung ataupun sebaliknya.

Gedung ini ditetapkan sebagai Istana Kepresidenan dan digunakan sebagai tempat peristirahatan bagi Presiden atau Wakil Presiden beserta keluarga setelah kemerdekaan, seperti halnya Camp David Amerika Serikat.

Setiap ruangan di Istana ini dilengkapi dengan perabot yang terbuat dari kayu. Di Istana ini tersimpa berbagai koleksi ukiran Jepara dan lukisan dari maestro seni lukis Indonesia seperti Basuki Abdullah, Dullah, Sujoyono, dan Lee Man Fong.

Pada 24 November 2011, Istana Cipanas dipakai untuk acara resepsi pernikahan antara Edhie Baskoro Yudhoyono dan Siti Ruby Aliya Rajasa dengan nuansa Palembang. Sejumlah menteri-menteri Kabinet Indonesia Bersatu II hadir dalam proses pernikahan itu.

4.Curug Citambur Cianjur

Cianjur memiliki keindahan wisata alam berupa Curug  Citambur. Curug Citambur ini merupakan objek wisata yang terkenal dan harus Anda datangi. Selama perjalanan menuju Curug Citambur Anda akan dimanjakan oleh keindahan perkebunan teh. Curug Citambur memiliki ketinggian 100 meter dengan air yang sangat jernih.

5.Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Tahun 1977, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ditetapkan menjadi Cagar Biosfir oleh UNESCO dan di tahun 1980, termasuk dari lima taman nasional pertama kali di Indonesia. Taman ini memiliki banyak aneka ragam ekosistem montana, sub-montana, danau, savanna, sub-alpin dan rawa. Selain itu juga, taman ini sangat kaya dengan keanekaragaman burung yang berada di Jawa. Burung yang paling langkah adalah burung hantu dan burung elang Jawa.

6.Gunung Gede Cianjur

Jika Anda penikmat mendaki gunung, Gunung Gede bisa menjadi salah satu pilihan gunung yang wajib Anda daki. Gunung yang berada di dalam satu lingkungan Taman Nasional Gede Pangrango ini memiliki suhu udara sekitar 5 derajat Celcius di puncaknya pada malam hari. Ketinggan gunung  mencapai 3000 meter dan memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Untuk menuju Gunung Gede, Anda bisa melalui Kecamatan Cipanas atau Cibodas.

7.Telaga Biru Cianjur

Telaga Biru adalah nama tempat yang menjadi primadona Kota Cianjur. Lokasinya berada di dalam Taman Nasional Gunung Gede. Telaga dengan warna yang sangat biru ini memiliki keindahan yang mempesona. Selain itu, terdapat ikan-ikan yang banyak jumlahnya dan akan mendekati para pendaki jika berada di tepi Telaga. Yang membuat telaga ini selalu biru karena terdapat ganggang biru yang hidup di danau ini.

8.Air Terjun Cibeureum

Kota Cianjur selain memiliki objek wisata yang indah berupa curug, juga memiliki objek wisata air terjun. Air Terjun Cibeureum yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter memiliki keindahan yang mampu menghipnotis Anda. Disini Anda juga dapat melihat lumut merah yang hanya ada di Jawa Barat.

9.Alun -Alun Suryakencana

Jika Anda telah berada di Gunung Gede, Anda harus menikmati keindahan Alun-alun Suryakencana yang memiliki luas 50 hektar.  Alun-alun tersebut ditutupi oleh hamparan  bunga edelweiss pada bulan Juni sampai dengan September. Perjalan yang Anda tempuh untuk mencapai Gunung Gede jika dari Jakarta membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam.

10.Situs Gunung Padang Cianjur

Jika Anda menyukai wisata sejarah Anda bisa berkunjung ke Situs Gunung Padang. Situs ini berupa balok batu yang berada di beberapa lokasi sekitar Gunung Padang dan memiliki luas 3 hektar.

11.Taman Bunga Cianjur

Hal yang menarik di Kota Bunga adalah adanya “Little Vience”  atau yang biasa dikenal sebagai cerminan Kota Venesia. Disini Anda dan keluarga bisa menaiki cano, menunggang kuda dan menikmati banyak sekali wahana.

Beberapa objek wisata lainnya yang berada di Kota Cianjur dan wajib Anda kunjungi adalah Kebun Teh Gedeh yang sangat indah, dengan hamparan pohon teh yang hijau dan segar. Ada juga Wisata Mandalawangi, Kebun Teh Panyairan yang menghasilkan teh hitam dan Gunung Mas yang bisa anda nikmati hamparan pohon teh yang sangat indah.

Selain itu, Kota Cianjur juga memiliki wisata danau yang bisa Anda nikmati yaitu Danau Sejuta Pesona. Di danau ini Anda akan bisa menikmati bermacam permainan yang ada. Terdapat juga Pantai Arfa, wisata pantai di Cianjur bukan hanya Pantai Jayanti tetapi juga ada Pantai Arfa. Terletak disebelah selatan Cianjur. Pantai yang tidak kalah indahnya dengan Pantai Jayanti.

Itulah Tempat Wisata di Cianjur Jawa Barat yang bisa menjadi tujuan berlibur anda selama berada di Kota Tauco tersebut.Bagaimana cara dan rute menuju Kota Cianjur, baik dengan bis,kereta api atau mobil pribadi.

Cara Menuju Cianjur
Untuk menuju ke Kota Cianjur Anda dapat melalui jalur darat , pilihan transportasinya adalah :

Kereta Api

Anda dapat menaiki kereta ekonomi dari arah Bandung dan turun di stasiun Cianjur. Selanjutnya menaiki angkutan umum untuk mencari hotel atau berkeliling menikmati keindahan Kota Cianjur. Jalur kereta api yang dilintasi adalah Jakarta-Bogor-Sukabumi-Cianjur.

Bus

Jalur perlintasan bus ke Kota Cianjur melalui Jakarta-Bogor-Bandung. Anda dapat menaiki bus dari terminal di kota Anda untuk menuju ke Cianjur. Bisa pula menaiki bus yang menuju Sukabumi.

Itulah Objek dan Tempat Wisata di Cianjur yang terkenal,populer,hits serta banyak dikunjungi para turis asing dan lokal yang databg ke Provinsi Jawa Barat.
11 Tempat Wisata di Cianjur Terbaru & Paling Hits 11 Tempat Wisata di Cianjur Terbaru & Paling Hits Reviewed by Situs Booking Hotel on Minggu, September 15, 2019 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.