Barista Indonesia Terbaik di Tahun 2019

loading...
Siapa saja Barista Terbaik di Indonesia di Tahun 2019? Kami berikan berbagi info berdasarkan ajang kompetisi Barista Indonesia di Tahun 2019 yang sudah berlangsung beberapa bulan yang lalu.

Sekarang ini yang namanya Barista makin banyak dikenal dan menjadi salah satu istilah yang sedang populer dan terkenal di Indonesia.Apa itu Barista? Barista adalah sebutan untuk seseorang yang pekerjaannya membuat dan menyajikan kopi kepada pelanggan. Kata "barista" berasal dari bahasa Italia yang berarti "pelayan bar". Pekerjaan Barista di Indonesia merupakan salah - satu pekerjaan yang bebas dari gender stereotyping, karena bermunculan beberapa barista maupun q-grader wanita seperty Evani Jessly.

Para Barista Terbaik Ternama dan Terkenal di Indonesia dan inilah Nama-nama pemenang Final Indonesia Coffee Event 2019:

Kategori Indonesia Latte Art Competition (ILAC)


1. Restu Sadam (Hungry Bird Coffee Roaster)
2. Muhammad R. Abdul Jabbar (Dua Coffee)
3. Robby Firlian (St. Ali)

Kategori Indonesia Brewers Cup (IBrC)

1. Fakhri Murad (Independen)
2. Eveline Yamin (Sensory Lab)
3. Ryan Wibawa (Independen)

Kategori Indonesia Barista Cup (IBC)

1. Mikael Jasin (PT. Republik Kopi Indonesia)
2. Muhammad Aga (Shoot Me In The Head)
3. Yessylia Violin (Common Grounds Coffee Roastery)

Kategori Indonesia Cup Taster Championship (ICTC)
1. Rahmat Fatrianto (Kopiteori)
2. Yessylia Violin (Common Grounds Coffee Roastery)
3. Bilal Nusantara (Upnormal Coffee Roaster



Indonesia Coffee Event (ICE) 2019 yang khusus dihadirkan guna menelurkan barista-barista terbaik di Indonesia, kembali digelar. Babak Final 3 hari sejak 22 hingga 24 Februari 2019, di Kuningan City, Jakarta begitu seru dengan menghadirkan dua atraksi: Coffee Village dan Competition Zone.

Para finalis dijaring dari Tahap Eliminasi Wilayah Barat, di kota Bandung, yakni 5758 COFFEE LAB (11 – 13 Januari 2019) dan NOAH’S BARN (14 – 16 Januari 2019) dan Tahap Eliminasi Wilayah Timur, di Gedoeng Popsa pada 25 Januari 2019 hingga 27 Januari 2019.

Dewan juri mengumumkan pemenang untuk empat kategori berbeda, Fakhri Murad untuk kategori Indonesia Barista Cup, Rahmat Fatrianto kategori Indonesia Cup Tester Championship, Restu Sadam kategori Indonesia Latte Art Competition, dan Mikael Jasin di Kategori Indonesia Barista Cup.

Para juara 1 Indonesia Brewers BC dan IBrC akan dikirim ke World Barista Championship dan World Brewer Championship di Boston, Amerika Serikat (11-14 April). Juara 1 ILAC dan ICTC dikirim ke World Latte Art Championship dan dan World Cup Tester Championship di Berlin, Jerman (8-10 Juni).

Bertema khusus: #coffeeconnectspeople, ICE 2019 menceritakan tentang dunia kopi specialty yang terus berkembang dengan berbagai inovasi di sisi hulu dan hilir sebagai filosofi utamanya. Unakaffe System yang diluncurkan PT. Santos Jaya Abadi - anak perusahaan dari Kapal Api Global pada Mei 2018 lalu, turut meramaikan dan berpartisipasi dalam perhelatan ini dengan memberikan komitmen penuh terhadap lahirnya pakar-pakar pengolahan minuman kopi serta berperan aktif terhadap perkembangan profesi barista di tanah air.

Ketua panitia ICE 2019 Yudistira Bawono mengatakan, “Kopi specialty bukan hanya soal produk tapi juga tentang interaksi antar manusia di dalamnya. Semua pemangku kepentingan cenderung membuka komunikasi dengan siapa pun. Misalnya petani dapat berkomunikasi langsung dengan barista, roaster dapat bertukar pikiran dengan penikmat kopi, dan tentunya yang paling klasik, interaksi antar penikmat kopi di sebuah kedai. Semua ini membuka kemungkinan sebuah kolaborasi baru dengan semangat membuat dunia kopi spesial lebih inklusif.”

Kopi adalah minuman favorit hampir semua orang di Indonesia. Sebuah studi market intelligence yang dirilis oleh agensi Mintel, pada 31 Mei 2018 menyimpulkan Indonesia ada di peringkat keempat pasar ritel kopi terbesar di dunia.

Amerika Serikat di peringkat pertama dengan 607.000 metrik ton, diikuti Brazil (425.000 ton), Jerman (424.000 ton), Jepang (304.000 ton) dan Indonesia (268.000 ton).

Riset yang sama juga memperkirakan angka pertumbuhan rata-rata pasar ritel kopi di Indonesia akan meningkat sekitar 11.4% antara 2017 dan 2021, sekaligus menobatkan Indonesia sebagai negara yang pertumbuhan pasar ritel kopinya tertinggi di dunia.

Indikator yang paling kasat mata adalah menjamurnya kedai kopi yang menyajikan specialty coffee di berbagai pelosok Indonesia, dibarengi meningkatnya kebutuhan akan barista-barista berbakat.

ICE 2019, seperti tahun-tahun sebelumnya, digelar di dua regional, Barat (Bandung) dan Timur (Makassar) untuk memberi kesempatan luas bagi seluruh barista di tanah air. “Kompetisi kali ini berlangsung seru, terutama karena pesertanya hebat-hebat. Kemampuan mereka berimbang sehingga dewan juri perlu memberikan penilaian sangat detil sebelum menentukan pemenang," lanjut Yudistira.

Kapal Api Global, kelompok perusahaan dengan pangsa pasar produk minuman kopi yang mencapai 60% di Indonesia, turut hadir sebagai gold sponsor meramaikan ICE 2019 dengan menampilkan produk mesin kopi yaitu Unakaffe, sebuah inovasi baru penyajian kopi bagi masyarakat.

Unakaffe System menawarkan terobosan baru kemasan kopi dalam bentuk kapsul serta mesin pembuat kopi dengan tekanan yang tepat dan daya listrik rendah sehingga kapsul Unakaffe System dapat diolah menjadi kopi dengan citarasa yang khas, konsisten dan dapat disajikan dalam waktu singkat.

Pesatnya pertumbuhan kedai kopi di Indonesia juga meningkat dua kali lipat antara 2012 dan 2016. Grup riset Euromonitor mencatat terdapat 1,025 specialty coffee outlet dan 1.083 chain-store coffee shop yang kebanyakan berada di Jakarta.

Riset oleh Mintel juga menunjukkan pertumbuhan single-serve coffee di Indonesia. Antara rentang waktu 2011-2016 saja, Indonesia telah menjadi negara dengan pertumbuhan konsumen tertinggi untuk kopi dalam kemasan termasuk kopi instan, kopi siap minum dan kopi di dalam pods atau kapsul.

Dengan mesin penyeduh kopi Unakaffe System, kopi yang dulu diracik secara manual dan membutuhkan waktu karena masih berbentuk biji dan baru digiling apabila akan diseduh, kini dapat disajikan secara praktis namun tetap mempertahankan presisi sehingga citarasanya tetap terjaga.

Berkomitmen dalam menyediakan kopi premium, Unakaffe System menyediakan varian kopi hitam yang berasal dari biji kopi pilihan yang dipanggang dengan sempurna untuk menghasilkan kopi yang berkualitas.

Unakaffe System tersedia dalam dua varian yaitu Espresso dan Cafetiero. Espresso yang menggabungkan biji kopi pilihan arabika dan robusta, memiliki kepekatan lebih intens dan disarankan disajikan dalam ukuran 45ml. Sedangkan Cafetiero menggunakan 100% kopi Arabica, dengan intensitas kepekatan yang lebih ringan. Cafetiero cocok untuk diminum dalam ukuran lungo 150ml.

Sejak tahun 2007 di Indonesia diadakan "Kompetisi Barista Indonesia" (Indonesian Barista Competition) yang diselenggarakan oleh "Asosiasi Spesialis Kopi Indonesia" (Specialty Coffee Association of Indonesia). Pemenang kompetisi tersebut akan mendapatkan kesempatan untuk mewakili Indonesia di kompetisi serupa setingkat Asia.[3] Selanjutnya pemenang tingkat Asia akan berkompetisi kembali di tingkat dunia yaitu di "Kejuaraan Barista Dunia" (World Barista Championship). Gelar "Juara Barista Dunia" untuk tahun 2010 diraih oleh barista Michael Philips dari Amerika Serikat.

Kompetisi lain yang juga pernah diadakan oleh Asosiasi Spesialis Kopi Indonesia adalah Indonesia Brewers Cup[5] yang menyoroti kerajinan penyaring kopi, dimana kompetisi tersebut dikhususkan untuk kompetisi alat seduh manual, contohnya Hario V60.

Kompetisi Aeropress juga telah mulai diselenggarakan di Indonesia yang diprakarsai oleh ABCD School of Coffee.[6] Pemenang kompetisi tersebut akan mendapat kesempatan untuk mewakili Indonesia di kompetisi World Aeropress Championship yang pada tahun 2017 akan diselenggarakan di Korea Selatan. Berkibarnya alat kopi aeropress tersebut juga memunculkan beberapa kompetisi serupa seperti Galunggung Aeropress Championship.

Nama - nama barista Indonesia yang cukup terkenal karena menjuarai kompetisi - kompetisi tersebut adalah Yoshua Tanu (Common Grounds Coffee), Ryan Wibawa (Starbucks Coffee), Harison Chandra (Ottoman's Coffee), dan Restu Sadam Hassan (Hungry Bird Coffee Roaster)
Barista Indonesia Terbaik di Tahun 2019 Barista Indonesia Terbaik di Tahun 2019 Reviewed by Situs Booking Hotel on Rabu, Desember 11, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.