Kerupuk Kulit Garut

loading...


Mengenal makanan yang menjadi ciri unik sebuah kota memang penting,Agar kita bisa tahu dan merasakan makanan, yang bisa kita jadikan Oleh Oleh Khas kota yang bersangkutan.Salah satu Oleh Oleh Khas Garut yang berupa makanan adalah Kerupuk Kulit. Yang rasanya renyah,krekes dan gurih, walau kadang agak menempel di gigi.

Banyak yang berjualan kerupuk Kulit di Kota Intan ini.Yang memang sudah sejak lama Kerupuk Kulit dan Dorokdok menjadi komoditas unggulan kota ini.Kerupuk kulit dan dorokdok merupakan camilan gurih dan renyah berbahan kulit sapi atau kulit. Camilan ini sangat cocok untuk dijadikan teman makan baso, soto, gulai atau makanan lainnya. Produksi kerupuk kulit dan dorokdok berkembang seiring dengan penyamakan kulit di Kabupaten Garut.

Produksi pembuatan kerupuk kulit dan dorokdok ini bermula dari proses penyamakan yang akan digunakan untuk kerajinan, namun kemudian hal tersebut ternyata menjadi produk baru berbahan kulit.

Melihat banyaknya bahan kulit yang terbuang percuma, sehingga memunculkan ide untuk memproduksi camilan kerupuk kulit dan dorokdok yang sangat digemari berbagai kalangan baik anak-anak, kawula muda, dewasa maupun lanjut usia.

Sentra industri kerupuk kulit di Kabupaten Garut ini tersebar di berbagai kecamatan di Kabupaten Garut, seperti di Kecamatan Garut Kota, Kecamatan Tarogong, maupun kecamatan di Kota Garut lainnya.

Bahan dari penyamakan kulit ini diolah dan dimanfaatkan untuk membuat kerupuk kulit dan dorokdok. Semakin meningkatnya permintaan terhadap jenis camilan ini sehingga usaha produksi camilan ini bisa menjadi bisnis yang menjanjikan dengan keuntungan yang cukup lumayan.

Maka pada perkembangan selanjutnya bahan kerupuk kulit dan dorokdok ini tidak lagi hanya mengandalkan dari kulit yang tidak terpakai atau sisa penyamakan, namun sengaja memanfaatkan bahan kulit yang khusus diproduksi untuk dibuat kerupuk kulit dan dorokdok.

Kerupuk kulit dan dorokdok kota Garut ini memiliki cita rasa yang khas yang banyak diminati oleh turis lokal maupun mancanegara. Pada dasarnya, kerupuk kulit dan dorokdok ini hampir sama, perbedaanya terletak pada jenis bahan kulitnya saja sehingga kedua jenis camilan ini masing-masing memiliki cita rasa yang berbeda, namun sama-sama gurih, lezat dan nikmat.

Selain dapat dijadikan sebagai makanan ringan yang bisa disantap langsung, camilan ini tidak kalah nikmat apabila dimakan bersama nasi, baso, soto dan makanan lainnya. Kerupuk kulit dan dorokdok sangat cocok dijadikan oleh-oleh bagi sanak saudara karena rasa kelezatan-nya yang khas.

Walaupun kerupuk kulit sejenis banyak juga diproduksi di daerah lain, namun kerupuk kulit khas Garut sangat digemari dan selalu diburu wisatawan karena rasanya yang gurih dan kelezatan khas kulit terasa sangat nikmat di lidah karena rasa daging sangat kuat ketika menempel di lidah.

Makanan Khas Kota Garut Kerupuk Kulit dan Dorokdok memang sangat enak dan juga gurih rasanya, punya citra ras tersendiri.
Kerupuk Kulit Garut Kerupuk Kulit Garut Reviewed by Admin on Sabtu, Desember 29, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.