Jual ZPT K14 Obat Anti Rontok Pembesar Umbi / Buah

loading...



Telp : 0895395260641 untuk pembelian K14 atau ZPT G14? Kedua nutrisi tanaman ini merupakan nutrisi dan vitamin paling laku saat ini dan harganya juga relatif murah.k14 inhibitour pembesar buah/umbi untuk menambah buah jadi mencegah buah rontok,meningkatkan hasil produksi panen.


Jual K14 Anti Rontok  Pembesar Umbi dan Buah

Kami berikan beberapa panduan dan acuan dalam meningkatkan hasil atau memperbanyak buah dan memperbesar umbi ,bagi para petani yang ingin mendapatkan hasil yang maksimal.Gunakan dan pakai hormon atau zat pengatur tumbuh K14 Kalium Pupuk Cair Pembesar Umbi dan Buah Anti Rontok

Fungsi dari K11 atau Kalium empat belas adalah untuk memperbesar segala jenis umbi dan buah - buahan yang biasa ditanam para petani.Dan telah banyak para petani yang memakai Kalium 14 ini yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia ini.

K14 Fungsinya adalah

- Menguatkan Jaringan Tanaman.
- Membuat tanaman lebih kuat,kokoh,tidak mudah roboh
- Mencegah bunga dan buah mudah rontok
- Mempercepat Pembesaran, memperbanyak pembentukan bunga
- Meningkatkan jumlah buah jadi
- Mencegah adanya rongga pada buah dan lebih tahan pecah
- Meningkatkan kualitas warna,rasa dan keseragaman buah/umbi
- Meningkatkan bobot, daya tahan, dalam pengangkutan
- Mempercepat pengisian gabah
- Mecegah bulir hampa

Penelusuran yang terkait dengan pembesar umbi

hormon pembesar umbi

pestisida pembesar umbi

zpt pembesar umbi bawang merah

pembesar umbi bawang merah terbaik

bahan aktif pembesar umbi kentang

obat pembesar umbi kentang

memperbanyak umbi bawang merah

pupuk pembesar umbi singkong

 ZPT K14 Pembesar BUah bisa kita gunakan untuk memperbesar buah - buahan diantaranya adalah

zpt pembesar buah semangka

zpt pembesar buah jeruk

zpt pembesar buah jagung

zpt pembesar buah padi

fungisida pembesar buah

hormon pembesar buah

pupuk khusus pembesar buah

premix pembesar buah


Zpt K14 Pembesar Umbi / Ubi bisa kita gunakan untuk memperbesar umbi - umbian seperti:


zpt pembesar umbi bawang merah

hormon pembesar umbi

pestisida pembesar umbi

pembesar umbi bawang merah terbaik

zpt pembesar buah kentang

bahan aktif pembesar umbi kentang

zpt pembesar umbi wortel

fungisida pembesar buah


Daftar Nama Buah - Buahan


    Almond
    Anggur
    Apel
    Aprikot
    Apokat
    Ara
    Asam
    Atap
    Arbei
    Avokad
    Bacang
    Belimbing
    Belimbing sayur
    Bengkuang
    Benda
    Beri emu
    Bit
    Binjai
    Bisbul
    Blackberry
    Blackcurrant
    Blewah
    Blueberry
    Burahol
    Cempaka
    Cempedak
    Ceplukan
    Cermai
    Ceri
    Cokelat
    Cranberry
    Delima
    Duku
    Durian
    Duwet
    Enau
    Erbis
    Frambos
    Feijoa
    Flamboyan
    Gandaria
    Gandum
    Gooseberry
    Gowok
    Hazelnut
    Jagung
    Jamblang
    Jambu
    Jambu air
    Jambu batu
    Jambu biji
    Jambu bol
    Jambu mawar
    Jambu mede
    Jambu semarang
    Jengkol
    Jeruk
    Jeruk bali
    Jeruk Jepara
    Jeruk keprok
    Jeruk kingkit
    Jeruk nipis
    Jeruk purut
    Kacang tanah
    Kapulasan
    Kastanye
    Kawista
    Kecapi
    Kedondong
    Kelapa
    Kelengkeng
    Kenari
    Ketela
    Kemang
    Kepel
    Kersen
    Kesemek
    Kiwi
    Kismis
    Kokosan
    Kolang-kaling
    Kopi
    Kurma
    Kates
    Kenitu
    Kweni
    Lai
    Langsat
    Lemon
    Lengkeng
    Leci
    Limau
    Lobak
    Labu
    Mahkota Dewa
    Maja
    Malaka
    Mangga
    Mangga lalijiwa
    Mangga pari
    Manggis
    Markisa
    Matoa
    Melon
    Mengkudu
    Menteng
    Mentimun
    Mentimun Suri
    Namnam
    Nanas
    Nangka
    Naga
    Nektarin
    Paprika
    Pomelo
    Pepaya
    Persik
    Pinang
    Pear
    Pisang
    Petai
    Peria
    Plum
    Prune
    Rambai
    Raspberry
    Rambutan
    Rambusa
    Red currant
    Salak
    Sawo
    Sawo duren
    Sawo kecik
    Sawo manila
    Semangka
    Sirsak
    Siwalan
    Srikaya
    Stroberi
    Sukun
    Terap
    Terong
    Timun
    Tomat
    Tin
    Talok
    Ubi
    Uni
    Vanili
    Waluh
    Widuri
    Wuni
    Zaitun

Daftar Nama Umbi - Umbian

1. Bawang

Siapa yang menyangka bawang termasuk jenis umbi? Apalagi, bawang tidak dijadikan kudapan seperti umbi yang biasanya kita kenal. Bawang biasanya hanya digunakan sebagai pelengkap ataupun bumbu makanan. Namun, umbi sebenarnya merupakan bagian tanaman yang terdapat dan hidup di bawah tanah lho. Jadi, sah-sah saja jika bawang dikategorikan sebagai umbi.
Bawang sendiri juga terdiri atas beberapa jenis. Diantaranya ialah bawang putih, bawang merah, bawang bombai, serta daun bawang.
2. Wortel

Selain bawang, wortel juga membuktikan bahwa umbi tidaklah selalu identik dengan karbohidrat. Ada juga lho jenis umbi yang kaya serat. Umbi panjang berwarna orange ini biasanya kita temukan pada campuran sayur sop. Selain itu, untuk wortel juga sering dijadikan sebagai jus yang segar sekaligus menyehatkan.
3. Bengkuang

Dilihat dari bentuk dan warnanya, kita memang bisa langsung mengenali umbi ini. Ya, bengkuang memang memiliki bentuk khas yang menyerupai gasing. Bagian luarnya berwarna putih kekuningan, sementara bagian dalamnya berwarna putih bersih.
Bengkuang biasanya digunakan sebagai campuran di rujak. Namun, bengkuang juga bisa dimasak, lho. Mulai dari ditumis, digoreng, hingga dipanggang.
4. Kentang

Jenis umbi ini juga memiliki bentuk khas, yakni bulat tak teratur. Permukaan luarnya berwarna coklat sementara bagian dalamnya berwarna kuning. Kentang termasuk jenis umbi yang paling sering kita temui di kehidupan sehari-hari. Soalnya, kentang sering sekali digunakan pada makanan. Seperti campuran sop, balado, serta pelengkap siomay.
Tidak hanya itu, kentang juga sering dijadikan berbagai kudapan gurih maupun manis. Diantaranya ialah keripik kentang, kentang goreng, kroket, serta donat kentang.










(Klik sini untuk lihat produk di Lazada)
Blender PHILIPS 2115 sangat sempurna untuk membantu Anda mengolah bahan – bahan makanan. Berkapasitas hingga 2 liter, dilengkapi dengan 4 mata pisau ultra-sharp yang tajam, panjang, dan anti karat. Mampu memotong dan memblender buah, sayur, bumbu, hingga daging dengan sempurna dan merata. Lima tombol multiple speed membantu dalam memblender dalam berbagai kecepatan sesuai dengan bahan yang perlu dihaluskan. Dilengkapi dengan safety lock (kunci pengaman) dan tahan pecah, dijamin aman saat memblender.
5. Ubi Jalar

Nah, umbi yang satu ini sering juga disebut ketela rambat. Di Indonesia, ada banyak jenis ubi jalar yang bisa kita temui. Mulai dari ubi putih, ubi orange, ubi Cilembu, hingga ubi ungu. Namun, bentuknya cenderung sama, yakni lonjong dan berisi. Secara umum, seluruh jenis ubi jalar juga terasa manis. Makanya, banyak yang menggunakannya sebagai campuran pada makanan manis. Misalnya seperti es krim, donat, dan berbagai jenis kue. Tapi, ubi jalar juga bisa langsung disantap setelah dikukus lho.
6. Singkong

Umbi yang satu ini dikenal sebagai ubi kayu atau ketela pohon. Soalnya, permukaan singkong berwarna coklat menyerupai kayu. Selain itu, Permukaannya juga terasa lebih keras dibandingkan ubi jalar. Berbeda dengan ubi jalar yang terlihat ‘gemuk’, singkong terlihat lebih ramping. Tapi, singkong juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Mulai dari makanan yang asin hingga makanan yang manis. Misalnya seperti singkong rebus, getuk, singkong goreng, hingga keripik singkong.
7. Talas

Dibandingkan ubi jalar dan singkong, ukuran talas jauh lebih besar. Namun, rasa talas cenderung hambar sehingga tidak terlalu nikmat jika dikonsumsi langsung. Biasanya talas yang dikukus dapat diberikan cocolan berupa gula merah cair. Kabar baiknya, talas cocok dijadikan berbagai olahan makanan. Diantaranya adalah keripik, ice cream, puding, serta berbagai jenis kue. Selain nikmat, warna ungu dari talas tentu membuat makanan terlihat lebih menarik. Tapi, untuk makanan gurih seperti keripik, sebaiknya gunakan talas yang putih, ya!
8. Suweg

Nah, umbi yang namanya diambil dari bahasa Jawa ini ukurannya lumayan besar. Makanya, dalam bahasa Inggris disebut sebagai elephant foot yam. Di daerah Jawa Tengah, suweg sering dijadikan sebagai pengganti nasi. Cukup direbus hingga matang, suweg pun siap disantap. Kandungan gula pada suweg juga rendah lho. Jadi, bisa nih untuk kita yang sedang menjalani program diet.
9. Gadung

Kalau anda berasal dari Kuningan, pasti familiar dong dengan umbi yang satu ini. Yup, gadung memang sering diolah menjadi  keripik dan menjadi oleh-oleh khas Kuningan. Rasa gurihnya pas banget untuk kita yang suka ngemil. Selain itu, gadung juga bisa dikonsumsi setelah direbus lho. Kalau melihat gadung yang belum diolah, kita pasti langsung ingat dengan sirsak. Soalnya permukaan gadung punya duri-duri tumpul. Tapi, gadung berwarna seperti bengkuang.
10. Ganyong

Kalau tidak tahu, mungkin kita akan mengira ganyong adalah lengkuas. Memang mirip sih, tapi permukaan ganyong bersisik. Berbeda dengan lengkuas yang beruas. Ganyong sendiri termasuk jenis umbi yang dapat dijadikan makanan pokok. Selain itu, ganyong juga bisa diolah menjadi kerupuk. Soal rasa dan tekstur, ganyong mirip seperti ubi jalar.
11. Uwi

Seperti gadung, uwi juga punya ukuran yang besar dan berduri. Bedanya, uwi tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Ada uwi berwarna putih, gading, serta ungu. Rasa umbi uwi memang cenderung hambar, tapi teksturnya pulen. Kita dapat mengukus uwi dan menjadikannya sebagai kudapan yang mengenyangkan.
12. Gembili

Umbi gembili berbentuk hampir menyerupai tabung. Sayangnya, umbi ini tidak begitu tenar. Biasanya sih gembili banyak dikonsumsi di daerah Gunung Kidul. Ada banyak cara lho untuk mengolahnya. Mulai dari dikukus, direbus, digoreng, hingga dibakar.
13. Garut

Dalam bahasa Inggris, umbi ini disebut sebagai arrowroot karena bentuknya mirip seperti busur panah. Soal tekstur, garut memiliki tekstur lembut dan mudah dicerna. Selain itu, garut juga mengenyangkan lho. Jadi kita bisa mengonsumsinya sebagai pengganti nasi. Selain itu, garut bisa dijadikan bahan baku emping, dodol, serta kue semprit.


Dalam klasifikasi-nya, tanaman bawang merah termasuk ke dalam family Amarylidaceae, Ordo Liliales. Tanaman ini merupakan tanaman semusim, memiliki umbi yang berlapis (bulb), berakar serabut, dengan daun berbentuk silinder berongga.

Pangkal daun yang menyatu membentuk batang yang berubah bentuk dan fungsinya, membesar dan akhirnya membentuk umbi lapis. Jadi dapat dikatakan bahwa umbi bawang merah merupakan umbi semu yang terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan menyatu. Bukan umbi sebenarnya seperti halnya kentang maupun ubi jalar.

Bawang merah sebagai salah satu sayuran yang digunakan untuk bumbu kini mempunyai peranan yang cukup penting, baik itu untuk rumah tangga, maupun bahan baku industri. Produksi bawang merah saat ini dirasa belum mampu memenuhi permintaan yang ada terutama pada saat menjelang hari-hari besar atau hari raya. 

Untuk itulah upaya peningkatan produktivitas tanaman bawang merah nasional perlu ditingkatkan. Salah satu upaya meningkatkan produktivitas tanaman bawang merah ini adalah dengan merangsang perkembangan umbi agar tumbuh lebih besar dan lebih banyak. Perlu kita ketahui bahwa keberhasilan budidaya bawang merah sangat ditentukan kemampuan tanaman bawang memproduksi umbi bawang merah dari anakan. Dari satu siung bibit umbi bawang merah yang ditanam , biasanya dapat menghasilkan belasan bahkan puluhan umbi. Untuk itulah pada budidaya tanaman bawang merah lebih dikonsentrasikan pada pengembangan bagian umbinya.

Bila kita melihat proses serta mekanisme pembentukan umbinya, ada dua unsur penting yang harus kita perhatikan yaitu unsur Nitrogen dan Kalium. Nitrogen merupakan unsur esensial yang sangat dibutuhkan tanaman terutama untuk perkembangan daun, meningkatkan warna hijau daun serta pembentukan cabang.

Sedangkan Kalium atau Potassium berfungsi dalam pembentukan gula dan pati sintesis protein, katalis bagi reaksi enzimatis, penetral asam organik serta berperan dalam pertumbuhan jaringan meristem. Pemberian kedua unsur tersebut secara tepat sangat membantu proses pembentukan umbi bawang merah.

Potasium nitrat Grand-K adalah salah satu jenis pupuk majemuk yang memiliki kedua unsur tersebut secara tepat. Pupuk ini biasanya diformulasikan dalam dua bentuk yaitu prill dan kristal. Potasium nitrat penggunaannya dalam pertanian lebih dikenal sebagai kalium nitrat atau biasa disingkat dengan rumus KNO3. Grand-K merupakan pupuk majemuk yang memiliki keunggulan dibandingkan pupuk lainnya. Dimana dengan Grand - K kandungan K2O yang siap diserap tanaman sangat tinggi yaitu 46 persen.

Selain kandungannya yang tinggi, ternyata sifat penting yang dimiliki oleh KNO3 Grand-K adalah tingkat kelarutannya dalam air yang sangat tinggi sehingga jumlah ion-ion K+ dan NO3- yang dilepaskan banyak tersedia bagi tanaman.

Pupuk Majemuk Potasium Nitrat Grand-K sebenarnya tidak hanya bagus untuk bawang merah saja namun juga dapat digunakan pada tanaman lain seperti padi, tomat, melon, semangka, jagung dan lain sebagainya.

Lengkap Kandungan dan Unsurnya
    
Untuk bisa tumbuh berkembang dan berproduksi maksimal, setiap tanaman sangat membutuhkan ketersediaan unsur hara yang mencukupi, tidak terkecuali tanaman bawang merah. Unsur hara yang dibutuhkan pada umumnya terdiri dari 9 unsur hara makro dan 7 unsur hara mikro. Unsur-unsur itulah yang mutlak harus tersedia disamping faktor-faktor lingkungan lain yang mendukung.

Hal ini dapat terpenuhi oleh pupuk KNO3 Grand-K karena selain mengandung hara makro (N=13%, P2O5=0,03%, K=46% dan Ca= 44 ppm) juga mengandung unsur hara mikro seperti Mg 0,05 persen, Na 0,60 persen, Zn 3 ppm, Cu 2 ppm dan Fe 0,04 ppm. Dengan demikian, pupuk majemuk Grand-K cukup lengkap unsur haranya baik yang berupa hara makro maupun hara mikro.

Bila dibandingkan dengan pupuk tunggal seperti halnya urea (CO(NH2)2 maupun KCl, kedua pupuk ini hanya mensuplay unsur hara makro N atau K dan Cl dalam jumlah banyak. Bila pemberiannya terlalu banyak maka akan menyebabkan keasaman tanah (turunnya pH) yang dapat berpengaruh pada penyerapan unsur-unsur hara lain. 

Selain itu juga dapat menyebabkan toksisitas pada tanaman. Dari kenyataan tersebut dapat terlihat jelas bahwa penggunaan pupuk tunggal seperti Urea, SP-36 dan KCl mempunyai kelemahan yaitu tidak tersedianya unsur hara mikro yang memadai. Karena meskipun unsur hara mikro tersebut dibutuhkan dalam persentase yang sedikit, tetapi harus tetap tersedia.

Manfaat
    
Sesuai dengan kandungan yang dimilikinya, maka pupuk majemuk Grand –K memiliki manfaat/kegunaan diantaranya : mudah diserap oleh tanaman sehingga pertumbuhan tanaman lebih cepat dan seragam, dapat meningkatkan ketahanan tanaman terhadap serangan penyakit, panen menjadi serentak, dapat mengurangi pembusukan umbi, bebas chlor (Cl) sehingga tidak menyebabkan keracunan keasaman pada tanah, dapat merangsang pembentukan bunga dan kualitas buah serta sel tanaman menjadi lebih rapat sehingga buah menjadi lebih berisi.
    
Karena pupuk Grand-K ini terdapat dua jenis yaitu berbentuk prill dan kristal maka pemakaiannya pun berlainan. Grand-K yang berbentuk kristal mempunyai sifat mudah larut sangat baik bila digunakan pada saat penyemprotan lewat daun. 

Selain itu dengan kandungan sodium dan chlor yang rendah tidak menyebabkan gejala kebakaran pada daun dan dapat langsung diserap tanaman baik lewat akar maupun daun. Sedangkan untuk Grand-K prill sangat cocok digunakan pada tanaman tahunan yang diaplikasikan lewat tanah. Kelebihan Grand-K prill ini adalah unsur hara K tersedia dalam waktu yang panjang.

Berkaitan dengan hubungannya dengan perkembangan bawang merah, mengapa KNO3 mampu memperbanyak dan memperbesar umbi? Hal ini erat kaitannya dengan kandungan unsur hara makro yaitu N dan K. Pembentukan umbi bawang merah ini berasal dari pembesaran lapisan daun yang membesar dan menyatu. 

Pembentukan lapisan daun yang membesar ini terbentuk dari mekanisme kerja unsur N. Dimana unsur N yang terkandung dalam KNO3 Grand-K menyebabkan proses kimia yang menghasilkan asam nukleat (Gambar 1). Asam nukleat inilah yang berperan dalam inti sel pada proses pembelahan sel sehingga pembentukkan lapisan-lapisan daun dapat terbentuk dengan baik yang selanjutnya berkembang menjadi umbi bawang merah.

PROSES REAKSI KIMIA N PADA PUPUK GRAND-K

KNO3 → K* + NO3¯
NO3¯ → NH3 → Asam Amino → Protein → Asam Nukleat & Pembesaran
    
Sedangkan kandungan Kalium yang tinggi yaitu sebesar 46 persen menyebabkan begitu banyaknya ion K+ yang mengikat air dalam tubuh tanaman akan mempercepat proses fotosintesis, sehingga prosesnya menjadi lebih optimal. Implikasinya dengan proses fotosistesis yang optimal akan menyebabkan tanaman tetap segar dan terhindar dari kelayuan. Hasil fotosintesis ini pulalah yang merangsang pembentukan umbi menjadi lebih besar.

Aplikasi
    
Baik jumlah, waktu dan cara pemberian pupuk Grand-K disesuaikan dengan jenis tanaman, umur serta tingkat kesuburan tanah. Biasanya setiap tanaman mempunyai batas-batas kebutuhan unsur hara tertentu agar bisa tumbuh dengan optimal. Bila pupuk Grand-K dimaksudkan sebagai pupuk dasar, maka pemberian sebaiknya dilakukan sebelum tanam dengan mencampurkan terlebih dahulu dengan media tanam. Sedangkan bila diberikan sebagai pemupukan susulan, maka sebaiknya diberikan setiap 3 – 6 bulan sekali (untuk tanaman tahunan). Untuk pengocoran dapat dilakukan dengan dosis 10 gram dalam satu liter air.

Bagi petani kentang maupun anda yang hendak menanam kentang di rumah, berikut ini pupuk pembesar umbi kentang paling tepat dan murah serta mudah dibuat di rumah. Cocok untuk tanaman kentang dalam pot, karung, polibag maupun ditanam di kebun. Pemberian pupuk tanaman kentang bisa berbeda-beda karena kondisi tanah juga berbeda, seperti kesuburan tanah, pH tanah, dan struktur tanah. Berikut ini pemupukan tanaman kentang yang perlu dilakukan supaya mendapatkan hasil panen yang melimpah,

1. Pupuk dasar Tanaman Kentang
Setelah pengolahan tanah selesai dilakukan atau saat membuat bedengan, taburkan pupuk dasar tanaman kentang antara 5 - 10 ton/ha diatas tanah (tergantung pada komoditas tanaman dan tingkat kesuburan tanah) dan campur rata. Bagi anda yang menanam kentang dalam pot / polybag / karung, anda bisa mencampurkan pupuk dasar tanaman kentang bersama media tanam yang dikehendaki dengan perbandingan 1:1 (media tanam : pupuk dasar tanaman kentang). Untuk proses pertumbuhan awal, tanaman kentang membutuhkan pupuk dasar yang banyak mengandung unsur hara N dan P seimbang, hal ini diperlukan untuk mencukupi kebutuhan tanaman kentang dalam pembentukan daun, batang, akar dan menyiapkan pembentukan umbi. Di usia 20 hari setelah tanam, tambahkan lagi pupuk dasar tanaman kentang sekitar 1 genggam yang dibenamkan di kanan & kiri lubang tanam. Berikut ini cara membuat pupuk dasar tanaman kentang.
Bahan-bahan:
- Tanaman Sisa Panen / rerumputan hijau / azolla / Jerami: 400 kg
- Kotoran Ayam: 400 kg
- Batang & Bonggol Pisang: 200 kg
- Dedak / bekatul: 50 kg
- Gula merah / gula putih: 1 kg
- Air: ± 50 liter
- Pupuk Hayati M-BIO: 1 liter

Pembuatan:

    Larutkan Pupuk Hayati M-BIO, gula & air di dalam wadah hingga tercampur rata
    Campur rata bahan-bahan organik yang sudah dicacah menggunakan sekop.
    Siramkan larutan M-BIO, air & gula secara merata dengan menggunakan embrat pada campuran bahan organik, sampai kandungan air pada campuran bahan organik tsb mencapai ± 50% (adonan bila diremas dengan tangan tidak keluar air, dan apabila remasan dilepas adonan mekar)
    Adonan ditumpukkan merata di tempatnya, kemudian ditutup dengan karung goni atau penutup lainnya supaya tidak terkena hujan dan sinar matahari langsung.
    Setelah 6-8 jam, suhu adonan diperiksa. Selanjutnya aduk-aduk / balik adonan sampai suhu adonan dingin kemudian ditutup kembali.
    Setelahnya, adonan harus dibalik / diaduk kembali setiap hari untuk menjaga suhu adonan tetap di bawah 40° C.
    Setelah ± 7-10 hari fermentasi, pupuk dasar tanaman kentang siap diaplikasikan.


2. Rendam bibit kentang
Untuk mempercepat proses pertumbuhan, merangsang pembentukan akar dan rambut akar, rendamlah bibit kentang di dalam larutan Pupuk Hayati M-BIO dosis 1 tutup botol dalam 1 liter air selama 6 jam.

3. Penyemprotan
1 hari sebelum kentang ditanam, semprot lahan / bedengan / tanah dalam polybag dengan dengan larutan Pupuk Hayati M-BIO sebanyak 7 tutup botol dalam 14 liter air supaya kandungan mikroba dalam M-BIO berkembang biak didalam tanah dan meningkatkan kemampuan tanah untuk menyediakan unsur hara serta nutrisi penting yang diperlukan oleh bibit kentang.

4. Pengecoran
Kocorkan larutan Pupuk Hayati M-BIO dosis 1 liter dalam 150 liter air ke dalam lubang akar tanaman kentang setiap 7 hari sekali. Pengecoran sangat diperlukan supaya Zat Pertumbuhan (ZPT) yang terkandung dalam M-BIO diresap oleh tanaman kentang sehingga memaksimalkan proses pertumbuhan, perkembangan akar, pembentukan umbi & hormon giberelin yang ada dalam pupuk hayati M-BIO mampu merangsang pembesaran umbi kentang.

5. Pupuk Pembesar Umbi Kentang
Pemupukan Susulan yaitu pupuk pembesar umbi kentang diaplikasikan saat tanaman kentang menginjak usia 45 hari setelah tanam yang harus diaplikasikan kembali setiap 20 hari sekali sampai kentang dipanen. Karena di usia 40-50 hari tanaman kentang memasuki masa pembesaran umbi, tanaman kentang membutuhkan unsur hara dominan N (nitrogen) dan K (kalium), berikut ini cara membuat pupuk pembesar umbi kentang.
Bahan-bahan:
- Sabut Kelapa: 20 kg
- Serbuk kayu / daun-daun kering / kulit buah-buahan: 10 kg
- Kotoran Hewan (Sapi / Kelinci / Kambing): 50 kg
- Tanaman Hijau / rumput / azolla: 20 kg
- Air Kelapa: 30 liter
- Gula merah / gula putih: 1 kg
- Air: 120 liter
- Pupuk Hayati M-BIO: 1 liter

Pembuatan:

Larutkan Pupuk Hayati M-BIO, air & gula di dalam drum / wadah yang bisa ditutup rapat hingga tercampur rata.
   
Masukkan bahan-bahan organik yang sudah dicacah ke dalam larutan dan aduk kembali hingga bahan-bahan organik terendam dalam air, volume bahan organik setidaknya ⅓ dari volume keseluruhan, kemudian tutup rapat supaya proses fermentasi bekerja dengan sempurna
   
Lakukan pengadukan larutan sehari sekali selama 7 hari, setelah itu pupuk pembesar umbi kentang siap diaplikasikan.


Cara Pengaplikasian Pupuk pembesar umbi kentang:

   
Setiap satu liter pupuk pembesar umbi kentang harus dicampur dengan 5 - 10 liter air, bila dirasa terlalu pekat, boleh ditambah air.
   
Sebelum diaplikasikan, saring dahulu larutan pupuk organik cair ini agar sisa-sisa bahan organik yang tidak larut-- tidak terbawa ke dalam tangki sprayer.
   
Kocorkan pupuk pembesar umbi kentang sebanyak 1 gelas kecil (± 200cc) ke dalam lubang akar tanaman kentang. Dan sebagian lagi disemprotkan ke batang & daun tanaman kentang menggunakan sprayer.
   
Bahan organik yang tidak larut / hasil saringan pupuk cair ini memiliki kandungan yang kurang lebih sama, setelah dikeringkan bisa dibenamkan di kanan kiri lubang tanam kentang di hari selanjutnya.

Jadi jika ingin praktis dan sederhana serta hasilnya bisa kita rasakan maka gunakan saja Pembesar Umbi dan Buah yang bernama K14 saja, itu saran yang kami berikan berdasarkan ilmu yang kami miliki.
Jual ZPT K14 Obat Anti Rontok Pembesar Umbi / Buah Jual ZPT K14 Obat Anti Rontok Pembesar Umbi / Buah Reviewed by Situs Booking Hotel on Rabu, Mei 08, 2019 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.