Daftar 27 Hotel dan Villa di Sanur Bali





Kami tim Situs Booking Hotel Online ingin berbagi info tentang Hotel di Sanur Bali.Yang mana kita tahu Pantai Sanur Bali merupakan sebuah pantai wisata yang indah dan menawan bagi kita semua.Daftar Hotel di Sanur Bali berikut ini merupakan penginapan dan hotel di sanur yang jadi rekomendasi para wisatawan yang singgah di sana.27 Hotel dan Villa di Sanur Bali yang berisi data tentang harga sewa kamar per malamnya kami berikan pada anda.

PEMESANAN DAN INFO LENGKAP DISINI

Sanur Bali merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang sudah ternama di dunia, jadi menjadi tujuan utama wisatawan yang singgah di sana.Mereka mau pesan atau bookiing Hotel Bintang 5,4,3,2,1 atau penginapan melati yang murah, serta wisma,villa,resort,cottage, guest house,puri dan apartemen mudah didapatkan.

Apa saja hotel terbaik yang dekat dengan Pantai Sanur?
Apa saja resor terbaik di Sanur?
Apa saja hotel terbaik yang dekat dengan Pantai Sindhu?
Apa saja hotel mewah terbaik di Sanur?
Hotel apa yang terdekat dengan Bali Ngurah Rai Airport?
Apa saja hotel terbaik yang dekat dengan Semaya One Fast Cruise?
Apa saja hotel murah terbaik di Sanur?
Apa saja hotel terbaik dengan spa di Sanur?
Hotel apa saja di Sanur yang cocok untuk keluarga?
Apa saja hotel terbaik tepi pantai di Sanur?
Berapa harga hotel di Sanur untuk malam ini?
 

Baca juga : Hotel di Sanur Bali Bintang 5

Apa saja hotel di Sanur yang punya pemandangan indah?

Apa saja hotel terbaik untuk menginap di Sanur?

Apa saja hotel di Sanur yang cocok untuk pasangan?

Berapa biaya menginap di hotel di Sanur?

Apa saja hotel di Sanur yang menawarkan sarapan enak?

Hotel apa di Sanur yang cocok untuk keluarga?

Berapa harga hotel di Sanur untuk akhir pekan ini?

Apa saja hotel yang terbaik dekat Museum Le Mayeur di Sanur?

Baca Juga : Hotel Di Sanur Bali Bintang 4

Sanur adalah salah satu kelurahan yang berlokasi di Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar. Mempunyai luas 4,02 km2 dan berpenduduk 18.345 jiwa, kawasan ini dikenal sebagai tempat wisata favorit, yakni Pantai Sanur.

Asal muasal nama Sanur belum terdokumentasikan dengan jelas. Namun, kisah turun temurun dari pemuka adat menjelaskan nama ini adalah gabungan dua kata: Saha dan Nuhur. Kedua kata itu bermakna memohon untuk datang pada suatu tempat. Di Sanur terdapat sembilan banjar/lingkungan dan termasuk wilayah Desa Pak raman Intaran.

Sanur merupakan area resor mewah paling tua di Bali. Sebagai kota tepi pantai, berbagai fasilitas pariwisata tersedia di sini dan sangat memadai. Restoran, guesthouse, hotel, hingga resor di Sanur menawarkan suasana yang lebih tenang dan santai.

Boleh dibilang, Sanur lebih mahal daripada Kuta, tetapi masih lebih murah jika dibandingkan dengan Seminyak. Ini menjadikan Sanur sebagai tempat favorit para pelancong yang berusia setengah baya, khususnya mereka yang berasal dari Eropa.

Sanur adalah pusat kebudayaan, atraksi sejarah, dan wisata pantai, lengkap dengan pilihan tempat belanja yang menarik. Salah satu event menarik yang diselenggarakan tahunan setiap bulan Juli di kawasan ini adalah International Kite Festival, bertempat di Pantai Padang Galak.

Museum Le Mayeur di Jalan Hang tuah bisa jadi destinasi berikutnya untuk mengagumi hasil karya seniman Belgia, Adrian Jean Le Mayeur. Wisatawan dapat merasakan bagaimana kehidupan salah seorang ekspatriat pertama di Bali melalui rumah tinggalnya.

Di samping menikmati keindahan Pantai Sanur, terdapat beragam aktivitas seru yang bisa dilakukan di Sanur. Misalnya, belajar menyelam, mencoba yoga, menikmati pijatan spa, mengikuti kelas memasak, dan menantang diri dengan olahraga air.

Untuk tiba di Sanur, wisatawan cukup menempuh waktu sekitar 20 menit dari bandara. Taksi atau sewa kendaraan dapat jadi pilihan dengan harga cukup terjangkau. Selain itu, bus Trans Sarba gita juga bisa menjadi alternatif untuk menuju kawasan Sanur dan sekitarnya.

Hotel di Bali
Terkenal sebagai salah satu destinasi favorit masyarakat untuk liburan ataupun bulan madu, khususnya di area Kuta dan Nusa Dua, tak heran jika Bali menawarkan ribuan villa dan hotel dengan harga yang bervariasi. Anda bisa dengan mudah menemukan penginapan di Bali, mulai dari yang bertarif murah hingga mewah. Saran kami, pastikan Anda memilih villa atau hotel terbaik di Bali sesuai dengan anggaran yang Anda miliki. Temukan juga villa murah di Bali atau beragam promo hotel di Bali agar liburan Anda semakin berkesan.

Budget
Ada banyak pilihan hotel murah di Bali untuk para backpaker atau wisatawan yang memiliki anggaran liburan terbatas. Beberapa hotel atau penginapan bahkan memasang tarif di bawah Rp100.000 per malam. Fasilitas standar seperti AC atau kipas angin dan tempat tidur nyaman sudah bisa Anda dapatkan.

Menengah
Wisatawan yang menginginkan kenyamanan lebih, dapat memilih hotel bintang tiga di Bali. Pada umumnya, sebagian besar hotel tersebut menawarkan kamar mandi dalam dan fasilitas yang lebih baik daripada hotel bujet.

Mewah
Bagi Anda yang memiliki anggaran besar, terdapat beberapa pilihan hotel bintang 4 dan hotel bintang 5 di Bali. Hotel-hotel tersebut menawarkan fasilitas lengkap, tempat strategis, dan kemewahan lainnya yang bisa menambah kenyamanan Anda saat liburan, bulan madu, atau perjalanan bisnis.

Villa
Selain hostel atau hotel, Bali juga memiliki banyak villa yang memang didesain nyaman dan menarik, khususnya untuk Anda yang berlibur bersama pasangan ataupun keluarga. Villa di Bali ini biasanya menawarkan suasana romantis, dilengkapi fasilitas seperti kolam renang pribadi dan kamar mandi bathtub.







Masih seputar Pulau Bali, informasi lanjutan ini untuk melengkapi data serta fakta sebelumnya tentang Situs Booking Hotel Online | Pesan Penginapan Murah yang berlokasi di pulau cantik rupawan yaitu Bali.Kami akan berbagi tentang data Hotel di Bali, khususnya Hotel di Sanur Bali .Keelokan, keindahan serta pesona dan daya tarik Pulau Dewata Bali sudah diakui di berbagai belahan bumi.Bak seorang perawan yang manis cantik, jelita dan menawan hati.
Begitulah sedikit gambaran Objek Wisata di Pantai Sanur Bali.Salah satu daerah primadona Pesona Wisata di Pulau Bali ini selalu berbenah diri untuk tampil sebagai Daerah Tujuan Wisata terdepan di Indonesia, bahkan dunia.Telah banyak dibangun sarana dan prasarana di daerah Sanur, termasuk Hotel Villa Resort Penginapan,serta vasilitas penunjang lainnya untuk melayani para wisatawan yang berkunjung ke sana.Untuk informasi terlengkap dan terbaru disertai harga dan tarif yang up to date bisa anda kunjungi Cari Hotel di Sanur Bali.
Situs Cari Hotel Terbaik di Indoneia akan memberikan data semua hotel yang ada di negeri ini.Sebagai sebuah Situs Terbaik, tentu saja banyak sekali orang yang singgah di website ini setiap hatrinya.Wilayah Indonesia kaya akan objek serta Tempat Wisata yan tersebar di berbagai pulau, termasuk di Pulau Bali ini.Dalam tulisan sebelumnya kami telah berbagi data Hotel Villa Resort Penginapan di Ubud Bali , jadi tulisan ini merupakan pelengkap dari info Hotel di Bali.

Daftar Harga 27Penginapan Villa Puri Hotel di Sanur Bali

Hasil gambar untuk bali hyatt sanur
1.Bali Hyatt
Jl. Danau Tamblingan, Sanur.
Phone: +62 361 28 1234
Sebuah hotel besar dengan lokasi pantai terbaik di Sanur. Memiliki 5 restoran, 5 bar, taman besar dan spa gaya desa. Harga mulai sekitar Rp. 1.250.000 / malam.
Hasil gambar untuk Hotel La Taverna
2.Hotel La Taverna
Jl. Tamblingan 29, Sanur.
Phone: +62 361 288497
Sebuah hotel dengan cita rasa klasik dan mempesona, Suasana taman, kolam renang dan pantai memberikan nuansa berbeda dari hotel-hotel lain d sepanjang pantai Sanur. Harga mulai sekitar Rp. 800.000 / malam.
Hasil gambar untuk mahagiri villas sanur bali
3.Mahagiri Villas Sanur
Jl. Pungutan 31, Sanur.
Phone: +62 361 283939
Terletak dekat dengan Sindhu Beach, masing masing villa ada yang terdiri dari 1 kamar tidur, 2 kamar tidur dan 3 kamar tidur. Semua ber-AC dan memiliki kolam renang pribadi, dapur dan ruang tamu. Harga sewa mulai dari sekitar Rp. 4.500.000 / malam.
Hasil gambar untuk villa mahapala sanur
4.Villa Mahapala
Jl. Pantai Sindhu
Phone: +62 361 286222
Memiliki 20 prifat villa mewah dilengkapi dengan kolam renang, bale pijat dan outdoor shower di setiap villa. Selain itu juga terdapat fasilitas lain seperti bar dan spa. Harga sewa mulai dari sekita Rp. 3.250.000 / malam.
Hasil gambar untuk Mercure Resort Sanur
5.Mercure Resort Sanur
Jl. Mertasari, Sanur.
Phone: +62 361 288833
Sebuah resort pantai besar di ujung selatan Sanur. Memiliki 186 kamar, restoran tepi pantai, 3 bar dan kolam renang dengan ukuran cukup besar.
Hasil gambar untuk Parigata Resort & Spa
6.Parigata Resort & Spa
Jl. Danau Tamblingan 87, Sanur.
Phone: +62 361 286286
Sebuah resort yang tenang dengan fasilitas spa, restoran, bar dan kolam renang. Harga mulai sekitar Rp. 1.000.000 / malam.
Hasil gambar untuk puri santrian sanur bali
7.Puri Santrian
Jl. Cemara 35, Sanur.
Berlokasi tepat di depan pantai bagian selatan Sanur yang tenang. Terdapat fasilitas berupa dua buah kolam renang, klub pantai dan fasilitas makan yang baik. Pilihan kamar model biasa dengan pemandangan taman, bungalow dan suite room.Hotel ini cocok untuk anda yang berlibur bersama keluarga. Harga mulai sekitar Rp. 950.000 / malam.
Hasil gambar untuk Sanur Paradise Plaza
8.Sanur Paradise Plaza
Jl. Hang Tuah 46, Sanur.
Phone: +62 361 281781
Sebuah hotel besar dengan berbagai fasilitas termasuk klub anak, spa, pusat kebugaran, restoran dan bar. Lokasinya strategis dan nyaman, akses ke pantai mudah. Hotel ini cocok untuk anda yang berlibur bersama keluarga. Harga mulai sekitar Rp. 950.000 / malam.
Hasil gambar untuk Sanur Residence
9.Sanur Residence
Padanggalak, Sanur.
Phone:
Sebuah villa yang cocok digunakan untuk keluarga besar yang berlibur bersama-sama. Memiliki kolam renang pribadi. Dan fasilitas juru masak, pelayan, tukang kebun dll. Harga mulai sekitar Rp. 1.800.000 / malam.
Hasil gambar untuk Segara Village Hotel
10.Segara Village Hotel
Jl. Segara Ayu, Sanur.
Phone: +62 361 288407
Sebuah resort seluas 6 Hektar dengan nuansa pedesaan tradisional di Bali. Memiliki 120 kamar yang baru direnovasi dengan balkon dan fasilitas lainnya seperti tiga buah kolam renang, lapangan tenis dan layanan pijat. Harga mulai sekitar Rp. 1.000.000 / malam.
Hasil gambar untuk stana puri gopa hotel sanur
11.Stana Puri Gopa Hotel
Jl. Kesumasari No 4, Sanur.
Phone: +62 361 289948
Sebuah villa bergaya tradisional Bali yang seolah tersembunyi di dalam taman tropis yang rimbun. Menawarkan villa dengan kolam renang pribadi, restoran, kegiatan olah raga air, spa dan fasilitas meeting room modern. Akses ke pantai Sanur dapat dilakukan hanya dengan berjalan kaki.
Hasil gambar untuk ananda beach hotel sanur bali
12.Ananda Beach Hotel
Jl. Hangtuah, Sanur.
Phone: +62 813 37536464
Sebah hotel cukup baik dengan harga yang relatif terjangkau.Terletak di Pantai Sanur, sekitar 100 meter dari Hotel Grand Bali Beach dan dekat dengan pelabuhan penyebrangan perahu ke Nusa Lembongan. Harga mulai Rp 300.000 / malam.
Hasil gambar untuk baruna hotel bali
13.Baruna Hotel
Jl. Segara Ayu No 3, Sanur.
Phone: +62 361 288 414
Sebuah hotel Cozy dengan harga terjangkau. Staf sangat ramah, kamar memiliki air panas, AC dan lemari es. Harga sudah termasuk makan pagi. Terdapat sebuah kolam renang, Free wifi, perpustakaan kecil dengan bahasa inggris, belanda, jerman dan litterature Swedia. Berjarak hanya sekitar 200 meter dari pantai Sanur dan sekitar 200 meter dari pusat perbelanjaan. Harga mulai Rp 200.000 / malam.
Hasil gambar untuk Batu Jimbar Apartments
14.Batu Jimbar Apartments
Jl. Danau Tamblingan 87, Sanur.
Phone: +62 361 282697
Sebuah apartemen kecil dengan jenis kamar studio, setiap apartemen memiliki dapur dan balkon pribadi. Harga mulai Rp. 2.800.000 / minggu.
Hasil gambar untuk gazebo beach hotel sanur
15.Gazebo Beach Hotel
Jl.Danau Tamblingan No.35, Sanur.
Phone: +62.361.3610840
Sebuah hotel kecil dengan harga sewa kamar sekitar Rp. 750.000 / malam.
Hasil gambar untuk natah bale villas bali
16.Natah Bale Villas
Jl.Cemara 32, Sanur.
Phone: +62 813 37536464
Sebuah villa bernuansa tradisional Bali, setiap villa memiliki pintu masuk pribadi dan ruang tamu dengan udara terbuka, ruang makan serta dapur lengkap. Harga sewa mulai Rp. 900.0000 / malam.
Hasil gambar untuk peneeda view beach hotel sanur bali
17.Peneeda View Beach Hotel
Jl. Danau Tamblingan 89, Sanur.
Phone: +62 361 8070181
Sebuah hotel yan tenang dengan harga yang bagus. Hotel ini bergaya bungalow dengan kualitas yang terjaga. Terletak paling dekat dengan pantai, harga sewa mulai dari Rp. 600.000 / malam.
Hasil gambar untuk Pondok Ayu Hotel Sanur bali
18.Pondok Ayu Hotel
Jalan Sekuta, Gang Pudak No. 3, Sanur.
Phone: +61 2 9533 5851
Sebuah butik hotel kecil dengan layanan restoran dan kolam renang. Sangat tenang, cocok untuk keluarga. Harga mulai sekitar Rp. 700.000 / malam.
Hasil gambar untuk Sativa Sanur Cottage Sanur bali
19.Sativa Sanur Cottage
Jl. Danau Tamblingan, Sanur.
PO BOX 3163
Phone: +62 361 287881
Terletak di antara pantai dan jalan utama, hotel terdiri dari dua tingkat yang dibuat mengelilingi kolam renang di tengahnya dengan atap dari bahan ijuk. Setiap kamar dilengkapi balkon, kamar mandi bernuansa open air dengan bath tube yang berbeda dari biasanya. Hotel ini sangat tenang, bersih dan memiliki layanan bagus, untuk yang beragama muslim sedikit mengalami masalah dengan menu makanan pagi. Harga sewa sekitar Rp. 500.000 / malam.
Hasil gambar untuk Sekuta Condo Suites Sanur bali
20.Sekuta Condo Suites
Jl. Sekuta No12, Sanur.
Phone: +62 361 287727
Setiap kamar memiliki ruang keluarga, ruang makan dan dapur dengan peralatan lengkap. Fasilitas termasuk Bar dengan nuansa The Beatles dan kolam renang yang besar. Harga mulai dari Rp. 500.000 / Malam.
Hasil gambar untuk Vila Shanti Beach Hotel Sanur bali
21.Vila Shanti Beach Hotel
Jl. Danau Tamblingan No. 47, Sanur.
Phone: +62 361 8528521
Walaupun bernama villa, ini merupakan sebuah hotel biasa dengan fasilitas room serfice 24 Jam, restoran, , kolam renang, laundry dan safety box.Hotel ini juga menyediakan paket wisata di Bali. Harga sewa kamar mulai Rp. 750.000 / malam.
Hasil gambar untuk Zen Villas Sanur bali
22.Zen Villas
Jalan Kesari II No3b, Sanur.
Adalah sebuah komplek villa kelas menengah dengan lokasi tidak jauh dari Hyatt Bali. Dikelola oleh pasangan Indonesia-Belanda dengan harga sewa sekitar Rp. 1.000.000 / malam.
Hasil gambar untuk Arimbi villa sanur
23.Arimbi villa sanur
Jl. Pengembak 14, Sanur.
Phone: +62 361 289091
Sebuah villa mewah dengan nuansa taman tropis dan arsitektur Bali, harga sewa mulai dari Rp. 7.000.000 / malam.
Hasil gambar untuk flashback bungalows sanur
24.Flashback Bungalows
Jl. Danau Tamblingan 110, Sanur.
Phone: +62 361 281682
Sebuah bungalow yang nyaman, harga terjangkau dengan kualitas cukup baik. Harga sewa mulai dari Rp 185.000 / malam.
Hasil gambar untuk Kesumasari Guest House sanur
25.Kesumasari Guest House
Jl. Pantai Kesumasari, Semawang, Sanur.
Phone: +62 361 3610840
Terletak tepat di pantai dengan taman tropis yang luas dan terawat dengan baik. Harga kamar mulai dari sekitar Rp 275.000 / malam.
Hasil gambar untuk Cottage Prima sanur
26.Cottage Prima
Jl. Bumi Ayu 23, Sanur.
Phone: +62 878 61323761
Harga termasuk akses internet nirkabel dan sarapan. Terdiri dari kamar hotel dan cottage, memiliki kolam renang yang bagus. Harga sewa kamar mulai sekitar Rp 270.000 / malam.
Hasil gambar untuk Ratna Beach Hotel sanur
27.Ratna Beach Hotel
Jl. Segara Ayu, Sanur.
Phone: +62 361 8070181
Sebuah hotel dengan lokasi dekat pantai, memiliki kolam renang yang bagus. Harga sekitar Rp 350.000 / malam sudah termasuk sarapam pagi.

Itulah Hotel Villa Penginapan Wisma dan Cottage serta Resort di Sanur Bali yang bisa anda pilih ketika berkunjun ke pulau dewata yang mempesona para wisatawan.

Akses ke Bali
Wisatawan bisa memilih beragam moda transportasi untuk mencapai Bali:

Pesawat
Pesawat atau transportasi udara adalah cara termudah untuk mencapai Bali. Seluruh pesawat yang datang ke Bali akan mendarat di Bandara Internasional Ngurah Rai.

 Bandara
Bandara Internasional Ngurah Rai yang terletak di Tuban, Bali Selatan, merupakan bandara tersibuk kedua di Indonesia setelah Bandara Soekarno-Hatta di Jakarta. Terletak sekitar 13 kilometer dari Denpasar, Bandara Ngurah Rai telah mengalami renovasi besar-besaran sejak 2013 lalu.

Bandara Internasional Ngurah Rai Bali memiliki 2 (dua) terminal, yaitu Terminal Domestik dan Terminal Internasional yang kini memiliki tampilan baru.Terminal Domestik baru terdiri dari 2 (dua) lantai. Lantai 1 melayani ticketing dan proses check in penumpang, sedangkan Lantai 2 berisi ruang-ruang tunggu untuk gate 15 20. Bagian Kedatangan dalam Terminal Domestik dilenggkapi dua conveyor untuk mengambil bagasi.

Sementara, Terminal Internasional baru terdiri dari 3 (tiga) lantai, yaitu Lantai 1, digunakan sebagai area ticketing dan loket check in; Lantai 2 sebagai ruang tunggu untuk gate 1 9; dan Lantai 3, terdiri dari lounge dan public shower. Bagian Kedatangan Terminal Internasional memiliki 146 conveyor pengambilan bagasi.

 Pajak Bandara
Para penumpang dari Bandara Ngurah Rai Bali akan dikenai pajak atau biaya Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) sebesar Rp 75.000 (penerbangan domestik) dan Rp 200.000 (penerbagan internasional).

 Pesawat yang beroperasi
Hampir semua maskapai penerbangan lokal dan mancanegara beroperasi di Bandara Ngurah Rai, baik LCC (Low Cost Carriers) maupun maskapai Full Service.

 Visa
Selain paspor yang valid hingga 6 bulan setelah kedatangan, wisatawan asing (kecuali dari negara-negara ASEAN) harus memiliki visa untuk mengunjungi Bali. Sejumlah negara harus mendapatkan visa di Kedutaan Indonesia sebelum berangkat ke Bali. Namun, sebagian besar wisatawan bisa mendapatkan visa on arrival untuk jangka waktu 30 hari.

Kapal
Bagi budget traveler atau backpacker, jalur darat dan laut adalah opsi yang lebih terjangkau dan menantang untuk menuju Bali. Wisatawan yang memilih jalur laut akan masuk melalui Pelabuhan Gilimanuk, yang terletak di Kabupaten Jembrana, Bali Barat.

Saat ini, tercatat sekitar 24 kapal ferry yang hilir mudik setiap hari dari Pelabuhan Ketapang (Banyuwangi, Jawa Timur) ke pelabuhan seluas kurang lebih 4 hektar tersebut.

Pelabuhan Gilimanuk bisa berjarak sekitar 2 jam menuju Denpasar dan 2,5 jam menuju Kuta.



Area Populer di Bali


Kintamani
Kintamani adalah kawasan wisata perbukitan dengan pemandangan Danau dan Gunung Batur yang indah. Sebaiknya kenakan pakaian yang sedikit lebih tebal karena udara di Kintamani jauh lebih dingin dibandingkan di kawasan pantai, terutama di malam hari. Selain Danau dan Gunung Batur, di Kintamani Anda juga bisa mengunjungi Desa Trunyan yang terkenal dengan penguburan jenazah yang unik. Selain itu, saat ini di Kintamani juga bisa ditemukan agrowisata perkebunan kopi yang tengah digemari wisatawan saat mengunjungi Bali. Jangan lupa bersantai di pemandian air panas Toya Bungkah di kaki Gunung Batur sebelum beranjak pulang dari Kintamani.

Nusa Dua
Nusa Dua terletak di bagian selatan Bali, sekitar 40 km dari Denpasar, dan lebih dikenal sebagai kawasan elit yang dipenuhi jajaran hotel bintang lima serta lapangan golf bertaraf internasional. Tidak heran, Nusa Dua kerap dijadikan lokasi event dan pertemuan kelas dunia. Kawasan Nusa Dua memiliki gerbang khusus yang dijaga petugas keamanan, di mana tamu yang datang harus menjalani pemeriksaan. Karena kawasannya memang lebih sepi dibandingkan Kuta dan Legian, kebersihan pantai-pantai Nusa Dua masih cenderung terjaga.

Seminyak
Terletak di utara Kuta dan Legian, Seminyak merupakan salah satu kawasan termahal di Bali. Seperti halnya Kuta dan Legian, Seminyak dipenuhi deretan toko dan butik untuk para fashionista. Jalan Kayu Aya atau lebih dikenal dengan Jalan Oberoi dan Jalan Laksamana merupakan pusat kuliner Seminyak yang dipenuhi kafe, restoran dan lounge internasional. Selain menawarkan wisata kuliner dan belanja yang menjadi daya tarik Bali, Seminyak juga memiliki destinasi pantai yang lebih tenang ketimbang Kuta ataupun Legian, yakni Pantai Seminyak dan Pantai Petitenget.

Ubud
Berlokasi di kawasan Bali Tengah, Ubud dikenal sebagai pusat kesenian Bali, mengingat banyaknya galeri dan workshop dari seniman lokal maupun mancanegara. Jauh dari suasana hingar-bingar Kuta, Ubud merupakan daerah pedesaan yang tenang dan lebih sejuk karena terletak sekitar 200 meter di atas permukaan laut. Kawasan ini juga terus berkembang dengan kehadiran kafe dan restoran di sepanjang Jalan Raya Ubud maupun Jalan Monkey Forest yang merupakan jalanan utama Ubud. Begitu juga dengan tempat penginapan, di mana turis bisa menemukan ragam tipe akomodasi, terutama private villa yang menjadi favorit keluarga maupun pasangan yang tengah berbulan madu di Bali.

Amed
Terletak di kawasan timur Bali, Amed adalah desa nelayan yang populer dengan pantainya yang eksotis dan tenang. Jauh dari kepadatan turis di Kuta dan sekitarnya, Amed menawarkan spot penyelaman yang indah berkat kejernihan air dan ragam terumbu karangnya. Selain itu, akomodasi yang ditawarkan pun relatif terjangkau dibandingkan kawasan-kawasan populer di Pulau Dewata. Amed bisa dijangkau sekitar 2 jam perjalanan dari Denpasar.

Candidasa
Kawasan Candidasa terletak di Kabupaten Karangasem, Bali Timur, dan merupakan destinasi wisata pantai yang tenang. Berjarak sekitar 1,5 jam perjalanan dari Bandara Ngurah Rai, Candidasa memiliki pantai dengan pasir putih bersih serta ombak yang tenang sehingga aman untuk berenang. Bukan hanya pantai, Candidasa juga berdekatan dengan tempat wisata Taman Ujung yang luas dan cantik.

Canggu
Masih di area Bali Selatan, Canggu merupakan kawasan terpencil di sebelah utara Kuta yang mulai ramai dikunjungi turis. Disebut-sebut sebagai ‘The New Seminyak’, hal ini dikarenakan Canggu kini semakin ramai dengan tempat-tempat penginapan maupun kafe dan restoran. Bukan hanya penginapan untuk backpacker yang menjamur di sini, sejumlah properti bintang 5 pun banyak terlihat di Canggu.

Denpasar
Sebagai ibukota sekaligus kota terbesar di Bali, Denpasar merupakan pusat kegiatan bisnis dan pemerintahan. Denpasar dipenuhi deretan pusat perbelanjaan maupun perkantoran swasta dan Pemerintah Daerah Bali. Meskipun bisa dikatakan sebagai kota metropolitan, Denpasar sebenarnya juga memiliki obyek-obyek pariwisata yang bisa dikunjungi seperti pura, istana ataupun museum.

Legian
Terletak di sebelah utara Kuta, Legian saat ini terkenal berkat kehadiran sejumlah klub malam yang tidak pernah sepi pengunjung hingga dinihari. Pada 2002 lalu, kawasan Legian luluh lantak akibat ledakan bom bunuh diri teroris yang menewaskan ratusan orang. Peristiwa yang dikenal sebagai Tragedi Bom Bali itu sempat memporak-porandakan pariwisata Bali. Namun, seiring berjalannya waktu, Bali berhasil pulih dan kini semakin berkembang dengan pembangunan properti-properti baru mulai dari hotel, restoran hingga tempat-tempat hiburan.

Pecatu
Pecatu merupakan kawasan resor di semenanjung selatan Bali dan populer dengan pantai-pantainya yang 'tersembunyi' seperti Pantai Pandawa, Pantai Balangan, Pantai Padang-Padang dan Pantai Bingin. Topografi Pecatu yang berbukit membuat akses menuju pantai-pantai ini cukup sulit ditemukan meskipun sudah banyak turis yang mengetahui keberadaannya. Air laut yang biru serta suasana yang relatif lebih sepi dibandingkan Pantai Kuta membuat pantai-pantai ini menjadi favorit para wisatawan yang datang ke Bali.

Uluwatu
Terletak di kawasan Semenanjung Bukit, bagian paling selatan Bali, Uluwatu sebenarnya adalah salah satu pura terpopuler di Bali yang menarik perhatian ribuan turis setiap tahunnya. Karena popularitasnya itu, kawasan ini kemudian lebih dikenal sebagai Uluwatu. Pura yang terletak di tepi batu karang terjal itu dibangun pada abad ke-11 oleh seorang pendeta suci bernama Empu Kuturan. Tidak jauh dari Pura Uluwatu, traveler juga bisa mengunjungi sejumlah obyek wisata terkenal lainnya di Bali seperti Garuda Wisnu Kencana dan Pantai Dreamland.

Tulamben
Lovina merupakan kota tenang di wilayah utara Bali yang dikenal dengan wisata lumba-lumbanya. Pantai-pantai di Lovina cenderung memiliki pasir hitam dan ombak yang tenang sehingga aman bagi turis untuk melakukan berbagai aktivitas air. Perjalanan menuju Lovina membutuhkan waktu yang cukup panjang, yaitu sekitar 3 jam dari Kuta atau 2 jam dari Ubud. Meskipun menghabiskan banyak waktu, namun banyak turis menyertakan Lovina dalam agenda liburan mereka di Bali karena ingin menyaksikan aksi kawanan lumba-lumba yang muncul di tengah laut lepas hampir setiap pagi.

Lovina
Nusa Lembongan merupakan pulau kecil yang terpisah dari pulau utama dan dengan cepat menjadi salah satu destinasi top saat mengunjungi Bali. Jauh dari hingar-bingar Bali Selatan, Lembongan adalah opsi sempurna untuk pecinta olahraga air. Di sini wisatawan bisa melakukan aktivitas snorkeling, diving, selancar atau sekedar bersantai di pinggir pantai sambil menyaksikan jernihnya air laut. Ada dua titik awal yang bisa dipilih untuk menuju Lembongan dari pulau utama Bali, yaitu Pantai Sanur dan Pelabuhan Benoa.

Bedugul
Bedugul adalah dataran tinggi di Kabupaten Tabanan, sekitar 70 kilometer dari daerah Kuta. Terletak di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut, Bedugul memiliki temperatur yang sejuk bahkan cenderung dingin. Untuk menuju Bedugul, pengunjung akan melalui jalan berliku dengan pemandangan menakjubkan layaknya kawasan Puncak di Jawa Barat. Obyek wisata utama di Bedugul adalah Danau Beratan dan Pura Ulun Danu. Tapi, jangan lewatkan juga kunjungan ke Kebun Raya Eka Raya, satu-satunya kebun raya di Bali yang ditumbuhi berbagai jenis buah dan sayur-mayur.

Jimbaran
Berlokasi di selatan Bali, Jimbaran merupakan desa nelayan sekaligus kawasan turis eksklusif. Populer dengan deretan restoran seafood di tepi pantai, Jimbaran juga ditempati sejumlah hotel dan resor bintang lima yang menjadi favorit turis mancanegara. Meski demikian, para turis bisa menemukan beragam jenis hotel di Jimbaran. Jimbaran bisa dicapai sekitar 20 menit berkendara dari Legian dan Seminyak melalui jalan tol baru.

Kuta
Kuta merupakan tujuan wisata paling populer di Bali dengan Pantai Kuta sebagai pusatnya. Kuta sendiri awalnya dikenal sebagai destinasi selancar dunia. Sejak 1980 lalu, Kuta sudah terkenal sebagai tempat perhentian para backpacker yang bertualang ke Asia Tenggara. Kuta terutama dikenal berkat keindahan pantainya dengan hamparan pasir putih sepanjang 5 kilometer serta ombak yang bersahabat, meski kini area Pantai Kuta sudah terlalu ramai oleh turis domestik maupun mancanegara. Biasanya, menjelang sore jalan menuju Pantai Kuta dipadati kendaraan turis yang ingin menikmati pemandangan matahari terbenam.

Sanur
Salah satu destinasi utama di Pulau Bali, Sanur memiliki nuansa berbeda dibandingkan Kuta dan Legian. Berjarak sekitar 20 menit berkendara dari Bandara Ngurah Rai, Sanur relatif lebih tenang ketimbang Kuta dan Legian. Sanur memiliki Jalan Danau Tamblingan sebagai jalan utama yang dipenuhi kafe maupun butik. Kawasan ini merupakan kawasan pengembangan wisata pertama di Bali dan sudah menjadi destinasi turis sebelum Kuta dikenal. Berbeda dengan Kuta yang terkenal dengan pemandangan matahari terbenam, di Pantai Sanur wisatawan bisa menikmati keindahan panorama matahari terbit.


Transportasi di Bali
Meskipun termasuk daerah maju dan destinasi wisata utama, transportasi umum di Bali relatif terbatas dibandingkan daerah-daerah lain. Transportasi yang lazim digunakan turis selama di Bali adalah taksi, ojek dan mobil atau motor sewaan.

Taksi
Taksi merupakan pilihan transportasi umum yang sering digunakan turis ketika berlibur ke Bali, walaupun beberapa armada taksi tidak menggunakan argo. Jika ingin menekan budget, setelah tiba di Bali, wisatawan bisa mencari taksi di luar area bandara. Biasanya, tarif menuju kawasan Kuta berkisar antara Rp 25,000 s/d Rp 35,000. Jika Anda menggunakan taksi dari dalam bandara, hampir dipastikan tarifnya akan lebih mahal.

Bus
Bus adalah opsi transportasi lain yang bisa dipilih turis untuk mengeksplorasi Bali. Bus umum yang beroperasi di Bali adalah Trans Sarbagita, sejenis Bus Rapid Transit atau busway yang beroperasi di kawasan Bali Selatan.

Trans Sarbagita setiap harinya beroperasi mulai pukul 05.00 – 21.00 wita. Bus berkapasitas 50 orang ini memasang tarif Rp 3.500 untuk penumpang umum dan Rp 2.500 untuk pelajar/mahasiswa. Saat ini, Trans Sarbagita memiliki 2 (dua) koridor, yaitu:

Koridor 1: Kota – GWK
Koridor 2: Batubulan – Nusa Dua

Angkot
Selain taksi, layanan transportasi umum yang dapat dipilih wisatawan selama di Bali adalah angkot. Namun, umumnya angkot di Bali hanya terdapat di sekitar Central Parkir Kuta dan Denpasar. Tarif angkot rata-rata di Denpasar kini adalah Rp 6.000 menyusul kenaikan bahan bakar minyak (BBM).

Sayangnya, tidak semua angkot di Bali memiliki trayek jelas. Beberapa angkot bahkan menawarkan untuk disewa dengan harga tinggi. Sebaiknya, sebelum mengunjungi Bali, wisatawan mencari tahu lebih dulu mengenai sistem transportasi di sana agar tidak diperas untuk membayar tarif angkutan yang mahal.

Sewa mobil/motor
Sulitnya mencari transportasi umum di Bali mengakibatkan banyak turis lebih memilih menyewa mobil atau motor selama berlibur di sana. Rata-rata penyewaan mobil dan motor di Bali adalah untuk jangka waktu 8 dan 10 jam. Namun, beberapa tempat penyewaan mobil dan motor di Bali menyediakan opsi penyewaan selama 24 jam.

Kisaran harga sewa mobil selama satu hari di Bali adalah Rp 150.000 hingga Rp 250.000 (tanpa supir) dan Rp 350.000 hingga Rp 500.000 (dengan supir). Sementara penyewaan motor selama 24 jam adalah Rp 50.000 hingga Rp 70.000.

Tips memilih penyewaan mobil dan motor di Bali:
- Bali memiliki banyak destinasi wisata. Karena itu, tentukan dulu tujuan wisata di Bali, seperti lokasi dan jalur menuju destinasi pilihan agar bisa merencanakan budget untuk bahan bakar.

- Cek rekomendasi dari kerabat atau teman, begitu juga forum-forum traveling, yang pernah menggunakan jasa penyewaan mobil dan motor di Bali. Ini penting agar wisatawan mengetahui reputasi tempat rental sehingga tidak menyesal nantinya.

- Cek paket sewa mobil, mulai dari kondisi fisik mobil hingga apakah tarif sewa sudah mencakup bahan bakar. Pilih paket yang sesuai kebutuhan selama liburan Anda di Bali.

- Kelengkapan dokumen, sebaiknya pilih rental yang menyediakan dokumen lengkap seperti STNK dan SIM supir (jika menyewa mobil dengan supir). 


Tempat Wisata di Bali

Sebagai salah satu destinasi unggulan yang populer hingga ke mancanegara, Bali menyimpan banyak tempat wisata yang tak boleh Anda lewatkan.


Pantai

Pantai Pandawa

Terletak di balik perbukitan tebing bebatuan, membuat Pantai Pandawa sering juga disebut dengan nama Secret Beach. Di salah satu sisi tebing menuju pantai, Anda dapat melihat pahatan patung Dewi Kunti dan lima (5) ksatria Pandawa, yakni Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa. Patung-patung ini dipercaya sebagai 'penjaga' pantai yang sekaligus menjadi daya tarik Pantai Pandawa. Lautnya yang jernih dengan warna biru khas serta pasir putihnya membuat wisatawan yang berkunjung betah berlama-lama di sini. Bila ingin memacu adrenalin, Anda bisa mencoba untuk bermain paralayang yang berangkat dari Bukit Timbis dan mendarat di Pantai Pandawa.

Tiket masuk     : Rp10.000* per orang
Jam operasional     : 24 jam


Alam

Ubud Monkey Forest

Salah satu destinasi wisata populer yang berlokasi di Ubud adalah Ubud Monkey Forest. Kawasan yang memiliki nama resmi Mandala Suci Wenara Wana ini menawarkan wisata alam berupa hutan yang menjadi rumah bagi fauna kera ekor panjang. Sebanyak lebih dari 300 ekor kera bebas berkeliaran di area Ubud Monkey Forest inilah yang menjadi daya tarik utamanya. Selain untuk tempat wisata, Ubud Monkey Forest juga memiliki peran penting dalam kehidupan spiritual masyarakat setempat. Di dalamnya Anda bisa menemukan tiga (3) pura yang digunakan sebagai tempat beribadah.

Tiket masuk     : Rp40.000-Rp50.000* per orang
Jam operasional     : 08.30-18.00 dan 08.30-17.30 (loket tiket)

Air Terjun Tegenungan

Air Terjun Tegenungan menjadi populer di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara karena pesonanya yang tak terlupakan. Dengan berkendara sekitar 1 jam dari Kota Denpasar, Anda dapat menikmati wisata air dengan berenang langsung di bawah air terjun yang memiliki ketinggian 15 meter ini. Debit air yang deras dan jernih di Air Terjun Tegenungan berasal dari Sungai Tukad Petanu. Selain berenang, Anda juga dapat memacu adrenalin dengan melompat dan terjun ke kolam yang berada tepat di bawah air terjun.

Tiket masuk     : Rp15.000* per orang
Jam operasional     : 06.30-18.30

Tegalalang Rice Terrace

Tak hanya pesona pantai yang ditawarkan oleh Bali, Anda juga bisa menemukan wisata berupa pemandangan hijau di Tegalalang Rice Terrace. Tempat ini menyuguhkan pemandangan terasering sawah lengkap dengan pepohonan hijau yang membuat suasana semakin asri. Anda dapat menikmati pemandangan ini dengan berkeliling sawah atau dari atas kafe dan restoran yang tersedia di kawasan Tegalalang. Tak sedikit wisatawan datang ke Tegalalang Rice Terrace setelah mengunjungi objek wisata di Kintamani. Panoramanya yang indah wajib Anda abadikan ke dalam foto.
Tiket masuk     : Rp10.000* per orang
Jam operasional     : 24 jam


Wisata religi

Pura Uluwatu

Pura Uluwatu atau Pura Luhur Uluwatu merupakan sebuah pura yang terletak di atas batu karang yang terjal dan menjorok ke laut. Selain berfungsi sebagai tempat beribadah untuk umat Hindu, keindahan pura turut mengundang minat para wisatawan untuk berkunjung. Pura Uluwatu juga menjadi lokasi terbaik untuk menikmati pertunjukan tari tradisional Bali, yakni tari kecak. Dengan berlatar pemandangan matahari terbenam, pastinya akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Tiket masuk     : Rp10.000-Rp20.000* (turis lokal), Rp20.000-Rp30.000* (turis mancanegara), dan Rp100.000* per orang (pertunjukan tari kecak)
Jam operasional     : 07.00-19.00 (Pura Uluwatu) dan 17.30-19.00 (pertunjukan tari kecak)

Goa Gajah

Goa Gajah merupakan sebuah situs arkeologis yang diperkirakan telah berdiri sejak abad ke-11. Walaupun sejarah Goa Gajah sendiri tidak pernah diketahui secara pasti, namun goa ini dipercaya sebagai tempat beribadah dan juga tempat meditasi. Pada awalnya, Goa Gajah ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang pejabat Hindia Belanda pada tahun 1923 yang menemukan beberapa arca di kawasan situs. Setelah digali, Goa Gajah ditemukan bersamaan dengan beberapa patung arca lainnya. Salah satunya adalah enam (6) patung wanita dengan pancuran air yang dipercaya dapat menyucikan aura bagi para pengunjung.

Tiket masuk     : Rp30.000* per orang
Jam operasional     : 08.00-16.00


Lainnya

Garuda Wisnu Kencana Cultural Park

Garuda Wisnu Kencana Cultural Park atau yang biasa disebut dengan GWK, adalah taman budaya yang populer akan patung Garuda Wisnu Kencana berukuran raksasa. Tinggi patungnya sendiri mencapai 120 meter dan mengalahkan tinggi patung Liberty di Amerika Serikat. Pembangunan patung GWK memakan waktu hingga 28 tahun lamanya karena sempat terhambat krisis moneter. Namun sang seniman, I Nyoman Nuarta, terus bekerja keras hingga akhirnya berhasil menyelesaikan pembangunan patung pada 17 Agustus 2018, tepat di Hari Kemerdekaan Indonesia ke-73. Saat berlibur ke Bali, Anda tak boleh melewatkan taman budaya yang satu ini.

Tiket masuk     : Rp60.000* (anak-anak usia 5-12 tahun) dan Rp80.000* (dewasa)
Jam operasional     : 08.00-22.00

Waterbom Bali

Bila ingin menikmati wisata air dengan berbagai wahana, Anda dapat mengunjungi Waterbom Bali. Tempat wisata ini cocok untuk Anda yang berlibur ke Bali bersama keluarga, terutama anak-anak. Menempati lahan seluas 3,8 hektare, Anda dapat menemukan lebih dari 10 wahana seluncur dan juga kolam arus di Waterbom Bali. Tak ketinggalan fasilitas lainnya seperti loker, restoran, dan gazebo untuk bersantai yang melengkapi tempat wisata air ini.

Tiket masuk     : Rp327.000-Rp750.000*
Jam operasional     : 09.00-18.00

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu


Kuliner Bali

Manjakan perut Anda selama di Bali dengan berbagai pilihan kuliner khas Bali berikut ini.

Ayam Betutu

Menu ayam betutu menjadi salah satu menu yang tak boleh Anda lewatkan ketika di Bali. Masakan ini berisi ayam yang dimasak dengan bumbu dan rempah-rempah yang sangat pedas. Cara memasaknya pun unik, yakni bumbu dimasukkan ke dalam bagian perut ayam kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang dalam waktu mencapai 24 jam. Bumbunya yang meresap ke daging menghasilkan rasa yang autentik dan pastinya membuat ketagihan. Untuk mencobanya, Anda dapat mengunjungi Ayam Betutu Khas Gilimanuk di Jalan Merdeka No. 88, Denpasar.

Babi Guling

Berlibur di Bali, Anda dapat menemukan kuliner babi guling dengan sangat mudah. Menu nonhalal ini banyak diminati oleh masyarakat setempat hingga wisatawan yang berada di Bali. Babi guling dimasak dengan menggunakan bumbu khusus yang bernama bumbu base genep. Kemudian bumbu dimasukkan ke bagian perut babi bersama sayur daun ketela. Sesuai namanya, babi guling dimasak dengan cara digulingkan di atas bara api sampai matang dan menghasilkan kulit yang renyah. Cita rasa inilah yang mengundang banyak pencinta kuliner rela menyempatkan diri menikmati babi guling khas Bali. Anda dapat mengunjungi Warung Babi Guling Pak Malen di Jalan Sunset Road No. 554.

Sate Lilit

Berbeda dengan sate pada umumnya yang menggunakan daging merah, sate lilit di Bali terbuat dari bahan ikan tenggiri. Daging ikan tenggiri tersebut dicampur dengan berbagai bumbu khas seperti kunyit, jahe, bawang, dan lengkuas yang kemudian dihaluskan. Setelah itu, daging ikan tidak ditusuk ke batang lidi, melainkan dililit ke batang daun serai. Aroma sate lilit saat dipanggang pun memiliki ciri khas tersendiri dan menghasilkan cita rasa yang tak terlupakan. Sate lilit dapat dengan mudah ditemui di berbagai warung makan yang ada di Bali karena biasanya menjadi salah satu menu pendamping nasi campur.

Lawar

Salah satu masakan yang menjadi kuliner khas Bali adalah lawar. Menu ini terdiri dari campuran berbagai sayur, daging cincang, kelapa, dan bumbu-bumbu. Sebagian masyarakat ada yang memasak lawar dengan menggunakan campuran daging babi, namun tidak sedikit juga yang memasaknya dengan daging bebek. Lawar biasanya disajikan sebagai lauk pendamping bersama menu khas Bali lainnya, seperti sate lilit, ayam betutu, dan kacang tanah yang digoreng. Lawar dapat dengan mudah ditemukan di berbagai warung nasi yang ada di Bali.

Nasi Jinggo

Soal makanan khas Bali yang terjangkau, ada nasi jinggo yang populer di kalangan masyarakat. Nasi jinggo terdiri dari nasi putih dengan lauk ayam suwir, mi goreng, dan tempe goreng. Tak ketinggalan sambalnya yang super pedas. Selain itu, nasi jinggo memiliki keunikan karena dikemas menggunakan daun pisang. Porsinya yang sedikit membuat satu bungkus nasi jinggo rasanya tak cukup mengenyangkan. Karena itu, banyak masyarakat yang dapat menikmati berbungkus-bungkus nasi jinggo. Bila ingin mencicipinya, Anda bisa menuju Nasi Jinggo Simpangan di Jalan Thamrin No. 67, Denpasar.

Nasi Tepeng

Nasi tepeng merupakan menu sarapan khas Bali yang banyak ditemukan di kawasan Gianyar. Tekstur nasi tepeng sendiri cenderung lembek menyerupai bubur. Nasi tepeng biasanya disajikan dengan pilihan nangka muda, ayam goreng, kacang panjang, hingga telur. Racikan bumbu rempah yang disiram di atas nasi tepeng menciptakan cita rasa yang khas, bahkan hampir tidak ditemui di kuliner khas Bali lainnya. Uniknya, nasi tepeng disajikan di atas daun pisang sehingga membuat kuliner ini terlihat sederhana.
Catatan penting
1. Perhatikan tanggal perayaan Hari Nyepi
Hari Raya Nyepi adalah perayaan istimewa masyarakat Bali yang mayoritasnya adalah pemeluk agama Hindu. Saat Nyepi, umat Hindu melakukan empat pantangan selama 24 jam: tidak bekerja, tidak bepergian, tidak menyalakan api dan tidak bersenang-senang. Sebaiknya pilih tiket pesawat atau kapal sebelum atau sesudah Hari Nyepi. Pasalnya Bandara, pelabuhan dan terminal di Bali tidak beroperasi pada hari tersebut. Wisatawan juga dianjurkan tidak keluar dari tempat penginapan atau membuat keributan, karena akan selalu ada pecalang yang mengawasi dan siap menindak siapapun yang melanggar aturan.

2. Gunakan pakaian sopan saat mengunjungi tempat-tempat religius
Udara yang cukup panas di Bali membuat banyak turis gemar mengenakan celana pendek atau baju tanpa lengan. Namun, sebaiknya siapkan kain atau cardigan jika ingin mengunjungi pura dan tempat bernuansa religius lainnya untuk menutup bahu dan kaki demi menghormati tradisi dan budaya masyarakat Bali.

3. Waspada terhadap praktik ‘pemerasan’ di tempat wisata
Sejumlah pihak tak bertanggung jawab kerap meminta uang di luar retribusi wajib saat berada di tempat-tempat wisata populer di Bali. Bukan hanya itu, tidak jarang para pedagang atau penjual jasa akan memaksa turis untuk membeli produk mereka. Sebaiknya tolak dengan sopan jika memang keberatan. Wisatawan juga bisa menyewa jasa pemandu wisata dari operator terpercaya ketika mengunjungi tempat-tempat wisata agar terhindar dari praktik pemerasan.
Daftar 27 Hotel dan Villa di Sanur Bali Daftar 27 Hotel dan Villa di Sanur Bali Reviewed by Anna Bulgaria on Rabu, Oktober 23, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.