Pendaftaran Kejar Paket C dan Paket B di Garut

loading...


Masih banyak juga yang belum tahu cara dan tempat Pendaftaran Sekolah Paket C dan Paket B di Garut! Karena itulah kami ingin berbagi data,info dan fakta tentang lembaga PKBM Garut yang paling populer terbaik dan harus menjadi pilihan utama anda yang ingin mendapatkan ijazah kesetaraan SMP atau SMA yang ada di Kota Garut dan sekitarnya.

PKBM Gentra Sawargi Cikancung Cilawu Garut merupakan PKBM Mandiri yang telah meluluskan anak didiknya dalam Kejar Paket A,B,C dan banyak diantara mereka yang telah berhasil dan menjadi orang yang sukses di segala bidang,yang artinya mereka mingkat dilihat dari sumber daya manusianya atau SDM.Anda ingin daftar dan menjadi bagian dari Sekolah atau Kejar Paket B dan C di PKBM Gentar Sawargi dapat menghubungi kontak di bawah ini.Biaya sekolah di PKBM Gentar Sawargi ini gratis alias tidak dipungut biaya, hanya biaya pendaftaran saja.

Jika Anda adalah lulusan SMP namun tidak memiliki biaya yang cukup untuk melanjutkan ke jenjang SMA, tidak ada salahnya Anda mengikuti sekolah Paket C. Ini adalah jalur pendidikan non-formal bernama Kelompok Belajar atau Kejar yang difasilitasi pemerintah.

Kelompok Belajar terdiri dari tiga paket, yaitu Paket A, Paket B, dan Paket C. Jika Paket A ditujukan untuk siswa yang ingin menempuh pendidikan setara SD, maka Paket B adalah untuk mereka yang ingin menempuh pendidikan setara SMP. Sementara, Paket C, seperti dikatakan di atas, ditujukan untuk mereka yang ingin melanjutkan ke jenjang setara SMA.

Info selengkapnya dan pendaftaran Kejar Paket A.B.C bisa anda hubungi kontak berikut ini.Sekolah dan belajar di PKBM Gentra Sawargi Cilawu Garut ini gratis dan hanya ada uang pendaftaran saja

Khusus untuk Program Paket C, program ini sendiri mendapatkan respon positif dari masyarakat, terutama bagi mereka yang belum lulus SMA dan belum memiliki ijazah. Program ini dinilai sangat memudahkan mereka yang tidak punya ijazah SMA untuk memiliki ijazah dengan prosedur yang lebih ringkas dan waktu yang lebih cepat.

Memang, untuk mereka yang mengikuti Kejar Paket C, juga dapat mengikuti ujian kesetaraan yang biasanya dilakukan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juli dan bulan Oktober. Setiap peserta yang berhasil lulus ujian kesetaraan ini berhak memiliki sertifikat atau ijazah yang setara dengan pendidikan formal SMA.

Lalu, bagaimana dengan sistem belajar dan mengajarnya? Kegiatan belajar dan mengajar di Kejar Paket C ini, demikian juga Kejar Paket A dan Kejar Paket B, fleksibel atau tidak perlu belajar satu minggu penuh. Kegiatan belajar dan mengajar bisa dilakukan hanya tiga kali seminggu, bahkan bisa dilakukan di rumah siswa yang bersangkutan atau homeschooling.

Kegiatan belajar sendiri biasanya akan dibagi dua kelompok usia. Pertama adalah usia dewasa, artinya di luar usia belajar formal, tetapi dapat melanjutkan di Pendidikan PNFI yang diselenggarakan oleh Kelompok Belajar Masyarakat dalam bentuk PKBM, 

Kelompok yang berikutnya adalah usia belajar, yang biasanya mengikuti kegiatan belajar selama 6 semester atau 3 tahun. Warga Belajar yang lulus dari Paket B untuk melanjutkan ke Paket C dengan rata-rata nilai 7,0, dapat mengikuti KBM 4 semester dan masuk pada kategori usia dewasa. Tetapi, yang masih usia belajar, tetap mengikuti 6 semester.

Syarat Mengikuti Kejar Paket C

Langkah pertama adalah mencari lembaga PKBM yang menyelenggarakan Program Paket C. PKBM ini masih berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Umumnya didirikan oleh pihak swasta, PKBM saat ini sudah tersebar di banyak daerah dan kota di Indonesia. Jika browsing di internet, Anda cukup mengetik kata kunci ‘PKBM’ dan hasilnya akan langsung muncul.

Mempersiapkan dokumen pendaftaran. Memang, setiap PKBM memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Namun biasanya, dokumen yang diperlukan adalah fotokopi ijazah SMP yang sudah dilegalisir (jumlahnya tergantung masing-masing PKBM), pasfoto ukuran 3 x 4 (biasanya berwarna dengan kemeja putih), serta formulir pendaftaran yang bisa di-download di situs PKBM yang bersangkutan.

Setelah semua berkas dokumen dirasa lengkap, Anda bisa langsung mengirimkannya ke penyelenggara Program Paket C tersebut. Pengiriman berkas ini bisa lewat email dengan melakukan scan terhadap dokumen-dokumen itu terlebih dulu, bisa lewat jalur pos, atau diserahkan langsung ke alamat pendaftaran.

Perhatikan periode pendaftaran. Biasanya, pendaftaran Program Kejar Paket C dilakukan dua kali dalam setahun. Banyak PKBM yang membuka pendaftaran di bulan Juli dan Oktober. Namun, ada juga yang membuka pendaftaran di bulan-bulan yang lain.

Peserta Kejar Paket C tidak terbatas untuk warga negara Indonesia. Bahkan, warga negara asing juga diperkenankan mengikuti program belajar non-formal ini.

Lalu, berapa biaya yang diperlukan untuk mengikuti sekolah dan ujian di Program Kejar Paket C? Dibandingkan dengan pendidikan formal, biaya Program Kejar Paket C memang bisa dikatakan jauh lebih terjangkau. Namun, kebijakan biaya pendidikan sangat bergantung pada kebijakan dan fasilitas yang diberikan masing-masing PKBM atau penyelenggara. Berikut kisaran biaya Program Kejar Paket C.

Semoga saja anda yang ingin meningkatkan taraf kehidupan dan pendidikannya bisa berjalan dengan lancar dan makin sukses dalam berbagai macam bidang yang sesuai dengan kemampuan dan garapannya masing masing.

Beberapa hal yang sering menjadi pertanyaan orang tentang Sekolah atau Kejar Paket C di Garut dan sekitarnya diantaranya adalah:

1.Sekolah Paket C itu bagaimana?

2.Berapa biaya ikut kejar paket c?

3.Berapa lama ikut kejar paket c?

4.Bagaimana cara Kejar Paket C?

Sekolah Kejar Paket C

Program Sekolah Kejar Paket C - ijazah setara Sekolah Menengah Atas (SMA / SMU)


SYARAT & KETENTUAN UMUM:

Mengisi Formulir Pendaftaran

Membawa Akte Kelahiran 

Membawa Kartu Keluarga 

Menyerahkan Pas Foto Ukuran 2×3 (5 buah), 3×4 (5 buah)

Foto harus bacground merah dan mengenakan baju putih berkerah (bukan kaos)

Menyerahkan 5 lembar Fotocopy Ijazah SMP (Bisa Menyusul).

Menyerahkan 5 lembar Fotocopy SKHUN SMP (Bisa Menyusul).

Ijazah SMP boleh berasal dari daerah di seluruh Indonesia.

Menerima Ijazah SMP berasal dari luar negeri.

Menerima peserta dari luar kota di seluruh Indonesia.

Menerima peserta dari luar Negeri (WNA).


FASILITAS PENDIDIKAN

Tutorial/Pertemuan tatap muka.

Jam belajar Selasa, Rabu, Kamis dari jam 10.00 - 13.00 dan Jam 19.00 - 21.00

UJIAN

Ujian diadakan 1 kali dalam setahun.

Ujian Nasional diadakan pada Maret & April 2021


PERIODE PENDAFTARAN

Untuk Ujian Nasional Tahun 2021 bisa mendaftar dari Bulan Januari - Oktober 2020.

LAIN-LAIN

Hal-hal mengenai pendaftaran dan lain-lain dapat ditanyakan langsung ke yayasan Kasih Anugerah.

Pendaftaran Kejar Paket C dan Paket B di Garut Pendaftaran Kejar Paket C dan Paket B di Garut Reviewed by Situs Booking Hotel on Minggu, Agustus 30, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.